Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Didirikan di Ukraina

Peresmian 2

Bekasimedia – Orang sering bertanya, mengapa harus mempelajari kembali bahasa Indonesia padahal kita sudah hidup di Indonesia?  Ada juga yang meremehkan para mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa dan sastra Indonesia lantaran sebuah pendapat bahwa masa depan  mereka akan suram.

Barangkali, ini waktunya kita bangga pada bahasa sendiri dan coba mengenal bahasa Indonesia secara mendalam, sebelum negara lain lebih bangga dan lebih fasih menggunakan bahasa persatuan milik Indonesia.

Baru-baru ini Kyiv National University of Taras Shevchenko, sebuah universitas negeri terkemuka di Ukraina membentuk Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia.

Seperti dilansir dari laman kementerian luar negeri (kemlu.go.id) bahwa pada Kamis (2/4), Pusat Kajian tersebut telah didirikan melalui penandatangan Memorandum Pendirian Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia yang berlangsung di gedung utama kampus Kyiv National University of Taras Shevchenko antara Duta Besar RI untuk Kyiv, Niniek Kun Naryatie, dengan Rektor Kyiv National University of Taras Shevchenko, Prof. Dr. Leonid V. Hubersky.

Pendirian Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan sebuah terobosan baru dalam sejarah hubungan kerjasama antar dua negara. Selain itu, Pusat Kajian tersebut akan membuka peluang bagi KBRI untuk melaksanakan soft power diplomacy, dan sebagai salah satu bentuk investasi budaya yang akan membawa manfaat jangka panjang bagi kepentingan bangsa dalam memperkuat identitas dan martabat bangsa Indonesia di luar negeri, khususnya di Ukraina melalui bahasa Indonesia.

Pada saat peresmian, Dubes RI menyerahkan sumbangan buku-buku termasuk Kamus Besar Bahasa Indonesia kepada Direktur Institut Filologi untuk digunakan di Pusat Kajian.

Pusat Kajian ini bisa menjadi pilar pengembangan bahasa Indonesia di seluruh wilayah Ukraina dan akan menjadi wadah yang menampung kader-kader Indonesianis Ukraina, serta para mantan Darmasiswa; dengan tantangan ke depan menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran pilihan bahasa Asia di sekolah-sekolah menengah umum; menjadikan keindonesiaan sebagai jurusan/program studi di universitas-universitas di seluruh wilayah Ukraina. (anr)

Be the first to comment on "Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Didirikan di Ukraina"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*