Poetranesia: Dari Sekedar Hobi Nonton Hingga Juara Bikin Film

poetranesia

Bekasimedia – Minggu (29/03) lalu, bekasimedia.com menghadiri Cyberline Movie Meet Up di Delekker Coffee Bekasi Square Bekasi. Kegiatan ini merupakan pertemuan sineas muda yang diadakan setiap bulan dan sudah berlangsung ke tujuh kalinya. Ada 4 grup sineas muda, yaitu Tiga Titik, Poetranesia, Bagus Mias dan Damar b”production. Salah satu yang bekasimedia temui adalah grup Poetranesia.

Poetranesia merupakan komunitas yang didirikan oleh Rizky alumni SMAN 14 Bekasi dan kini digawangi oleh Reza Orlando Siswa kelas 3 SMA yang sama. Menurut Reza, Poetranesia merupakan komunitas diluar sekolah. Komunitas ini didirikan sejak tahun 2010. Bermula sekedar hobi menonton film, berbagi film, hingga diskusi film lalu dibuatlah komunitas oleh Rizky dan kawan kawan agar hobi itu tersalurkan. Soal prestasi, pada tahun 2011, Film berjudul “Titik Dua” mendapat penghargaan sebagai film pendek terfavorit di festival film UI.

Bukan hanya itu, komunitas yang kini mempunyai ratusan anggota ini pada 2014 lalu menyabet penghargaan juara pertama dalam lomba film antar sekolah SMA di Bekasi. Ketika ditanya bagaimana sih bisa memproduksi film, bukankah butuh modal dan peralatan yang mahal?

Reza menjawab untuk pendanaan didapat dari uang kas anggota, sedangkan peralatan dengan cara meminjam, “peralatan kami pun seadannya. Pinjam dari orang tua teman, atau saudaranya, atau punya teman sendiri. Selain itu dari hasil menang lomba, uangnya kami gunakan untuk  membuat film terbaru,” ungkap Reza.

Tema film yang sering diangkat oleh Poetranesia seputar kehidupan sehari-hari hanya saja cara mengemasnya yang berbeda. “Film Poetranesia seputar kegiatan sehari aja dan mengikuti seperti tren sekarang,” pungkas Reza. (i)

2 Comments on "Poetranesia: Dari Sekedar Hobi Nonton Hingga Juara Bikin Film"

  1. Min, mau ngoreksi, bagus mias itu salah satu pencetus poetranesia bersama rizky.

  2. kalo mau join gimana caranya min

Leave a comment

Your email address will not be published.


*