Peringati Festival Qing Ming, Koko-Cici Jakarta Ziarah Ke Makam Pahlawan

1428227657959

Bekasimedia – Dalam rangka memperingati Festival Qing Ming (Cheng Beng), Koko Cici Jakarta mengadakan acara ziarah bersama ke Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jalan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada hari Minggu (05/04).

Seperti layaknya tradisi nyekar yang diadakan menjelang Bulan Ramadhan bagi kaum muslim, Festival Qing Ming (Cheng Beng) merupakan hari penting dimana masyarakat Tionghoa akan berziarah mengunjungi pemakaman nenek moyang dengan maksud untuk mengenang para leluhur dan kerabat yang telah tiada.

Festival Qing Ming atau yang lebih dikenal dengan istilah Cheng Beng merupakan bagian penting dari tradisi masyarakat Tionghoa untuk bersembahyang dan berziarah ke tempat pemakaman para leluhur. Seperti tradisi-tradisi budaya Tionghoa pada umumnya yang selalu memiliki cerita legenda di balik makna dari setiap perayaan, Festival Qing Ming sendiri diawali oleh Kaisar Xuan Zong pada tahun 732 dimana beliau menyederhanakan upacara penghormatan nenek moyang yang pada awalnya dianggap rumit.

Cheng Beng sangat memiliki kaitan yang erat dengan pilar-pilar budaya Tionghoa yang mencakup penghormatan leluhur, kekerabatan, keselarasan, berbakti dan juga kebersamaan. Koko Cici Jakarta berharap, melalui acara ini para generasi muda Tionghoa Indonesia dapat menjadi lebih mengerti akan makna dari budaya Cheng Beng dan turut serta dalam melestarikannya.

Koko Andy selaku ketua panitia menyatakan bahwa esensi dari perayaan Cheng Beng ini adalah bentuk penghormatan kaum muda kepada leluhur. “Sebagai manusia, tentu saja sangat penting bagi kita untuk mengetahui sejarah dari asal usul kehidupan. Tanpa adanya keberadaan dari para leluhur-leluhur kita, maka kita tidak akan pernah ada. Maka dari itu hormatilah para leluhur kita. Know Your Roots.” (i)

1 Comment on "Peringati Festival Qing Ming, Koko-Cici Jakarta Ziarah Ke Makam Pahlawan"

  1. cakep-cakep ya 😀

Leave a comment

Your email address will not be published.


*