Teen Action, Aksi Positif Remaja Aktif SMAN 5 Kota Bekasi

festraneur01edit copyBekasimedia – Remaja memang identik dengan jiwa-jiwa yang bebas, aktif, energik dan selalu penasaran dengan perkembangan zaman. Di samping itu, remaja ternyata rentan terpengaruh pergaulan bebas yang berujung pada hal-hal negatif.

Fungsi keluarga dan peran guru di sekolah amat penting dalam kehidupan remaja.

8 fungsi keluarga menurut BKKBN (Badan Koordinasi Keluaraga Berencana Nasional) antara lain;

1. Fungsi Keagamaan

2. Fungsi Sosial Budaya

3. Fungsi Cinta Kasih

4. Fungsi Perlindungan

5. Fungsi Reproduksi

6. Fungsi Sosialisai dan Pendidikan

7. Fungsi Ekonomi

8. Fungsi Pelestarian Lingkungan

Sekolah sebagai rumah kedua sekaligus tempat berlangsungnya proses pendidikan formal, seyogiayanya mampu membantu mengarahkan kehidupan remaja yang cenderung butuh lebih banyak ruang bebas untuk berekspresi. Membatasi namun tidak mengekang berlebihan.

Inilah yang dilakukan PIK Remaja (Pusat Informasi Konseling) Remaja, salah satu ekskul di SMAN 5 Bekasi yang baru dua tahun belakangan ini menggelar event Teen Action (Aksi remaja). Tahun 2015 ini, dalam rangkaian acara Festifive, pada Sabtu (04/04), Teen Action mengambil tema besar “Flashback”.

Tiga lomba pun digelar, lomba mading 3D, KIE, Lomba Cepat Tepat serta Seminar bertajuk 8 Fungsi Keluarga.

Geovani Leona, siswa kelas 11 SMAN 5 Bekasi yang menjadi ketua pelaksana even Teen Action menyatakan bahwa aturan pembuatan majalah dinding (mading) 3D dimaksudkan agar terlihat menarik, lebih hidup dan pesan atau maksud dari mading bisa tersampaikan kepada pembaca mading.

“Kan kita temanya flashback, jadi kita bercermin kepada remaja-remaja dulu tahun 80-an gitu. yang masih baik dan santun,” ucap Vani, demikian panggilan Geovani yang juga merangkap sebagai ketua divisi program kerja ekskul PIK Remaja.

Informasi seputar event Teen Action yang disebar melalui media sosial dan undangan ke sekolah-sekolah setidaknya telah menarik antusiasme peserta dari enam sekolah yang di antaranya lima SMA di Bekasi dan satu sekolah dari Jakarta.

Vani berharap kedepannya peserta lebih banyak lagi, lombanya lebih beragam lagi, bukan hanya untuk SMA, tapi juga SMP. Dan bisa lebih luas lagi jangkauannya tidak hanya Bekasi tapi bisa sejabodetabek. (anr)

Be the first to comment on "Teen Action, Aksi Positif Remaja Aktif SMAN 5 Kota Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*