Golden Age, Masa Emas dalam Tumbuh Kembang Anak

golden age anak

Golden age menjadi masa yang emas bagi seorang anak. Usia anak dalam tahapan ini adalah rentang 0-6 tahun. Di masa ini otak anak berkembang pesat dan kritis. 100 % informasi dapat diserap oleh anak dengan sangat baik.

Anak dalam masa golden age membutuhkan stimulasi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Terutama dari lingkungan pertama mereka, yaitu orangtua.

Sebut saja Roni, anak berusia 4 tahun yang saya temui saat menaiki commuterline dari stasiun Manggarai menuju Depok. Ia begitu fasih meniru kembali iklan di salah satu televisi. Bersama kakaknya yang berusia 5 tahun. Mereka mengulang-ulang iklan dan beberapa percakapan dalam adegan sinetron stripping.

Mereka adalah peniru ulung. Oleh karena itu, orangtua sebagai pelaku utama di lingkungan perkembangannya harus lebih berhati-hati dan senantiasa mendampingi, ketika anak sedang menonton TV.

Hal tersebut juga menjadi salah satu bentuk stimulus yang diberikan orang tua. Dengan mengarahkan anak agar tidak salah mengambil sikap. Terhadap apa yang dilihat serta didengarnya.

Iradah Putriani
Pemerhati anak

Be the first to comment on "Golden Age, Masa Emas dalam Tumbuh Kembang Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*