Mukti Demam Batu Akik

memed

 

Ada yang aneh dengan Mukti, bocah ingusan menuju ABEGE yang kini udah mundak kelas 9 (kelas 3 es-em-pe) yang bentar lagi mau ikut Ujian Nasional.

Siang itu pulang sekolah Mukti keliatan kaga ada gairah idup pisan, mukanye murem, rambut awut-awutan.

“Nape luh tong? asem bener muke lo!” selidik Bang Memed. Encingnya Si Mukti.

“Kaga napa-napa cing, pale aye mumet,” Mukti ngeloyor masuk bilik.

Encingnye melohok doang ngeliatin kelakuan Mukti yang rada ganjil.

“Tuh bocah kenapa ya, kaga biasanya murem gitu. Biasanya pulang sekolah cengengesan,” Bang Memed ngedumel dalem ati.

— Sejam kemudian —

“Cantik..rupawan…ah indahnya…aku ingin memilikimu..” mata Mukti merem tapi ngomong terus kaga jelas arah.

Buru-buru Bang Memed ke bilik Mukti keponakannya.

“Woy…Mukti, lu kesambet genderuwo mana sih ?” Sambil nampar-nampar pipi Mukti biar bangun.

Mukti kemudian buka matanya, terus meluk Bang Memed kenceng banget ampe ngap-ngapan.

“Engkaw gadisku, huh..huh..pujaan hatikuuuhhh,” Mukti nyanyi-nyanyi lagunya trio Libels taon 80an.

“Eh tong, nape luh tong, itu mah lagu zaman gua…Ya Allah, Mukti demam,” Bang Memed nempelin telapak tangannya ke jidat Mukti.

Buru-buru Bang Memed ngompres Mukti. Pelan-pelan demam Mukti berangsur normal.

“Eh, elu knape lagi sih Mukteee?”

“Anu cing..”

“Anu lu kenape?”

“Anu Mukti mah kaga kenape-nape, Entu Cing belah onoh ade nyang bening, cuman aye kaga berani nyamperin, takut kepincut,” Mukti ngasih reportase.

“Ow, siape? cewe bohay anaknye pa Rojali yee? Lu naksir die?..ya ampun…lu kagak-kagak aje, gua juga demen itu sih.”

“Bukan cing !”

“Lah, terus ?” Encingnya Mukti melotot.

“Mukti pengen beli cincin akik Cing, warnanya merah hati..bagus cing…”

“Bujug dah! jadi elu demam gara-gara entu ?”

Mukti cuma planga-plongo sambil garuk-garuk dengkul.

(mk)

Be the first to comment on "Mukti Demam Batu Akik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*