Sambut Hari Autisme Sedunia, Bekasi Peduli Autisme dideklarasikan di Balai Patriot

hari autis sedunia

Bekasimedia (29/03/15) РDalam rangka menyambut hari autisme sedunia (World Autism Day) yang diperingati setiap tanggal 1 April nanti, Sebuah gerakan bernama Bekasi Peduli Autisme dideklarasikan di Balai Patriot pada minggu (29/03). Menyusul deklarasi ini, pada  tanggal 5 April nanti, rangkaian acara selanjutnya adalah Fun Walk bersama anak-anak autis di Car Free Day sepanjang Jalan Ahmad Yani.

Acara Seminar Pendidikan dan Deklarasi Bekasi Peduli Autisme yang dimulai sejak pukul 08:00 dan selesai pada pukul 12:00 ini dihadiri oleh Wakil Walikota, Akhmad Syaikhu, perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dr Tjatur Kusumo, Dinas Pendidikan, Agus M.Pd, Dinas Sosial Dr Armita, MM, Psikiater anak dan remaja, Dr Suzy Yusna Dewi, serta pendemo masak yang juga Autism Activist, Nanda Hamdalah, S.Pd.

Peserta seminar dan deklarasi Bekasi Peduli Autisme adalah masyarakat umum yang terdiri dari LSM, guru, mahasiswa, serta para penggiat komunitas sosial.

Selain penyampaian materi oleh para pembicara, anak-anak autis juga unjuk kebolehan dengan membaca Al-Quran dan bermain band di panggung Balai Patriot.

Di awal acara Wakil Walikota didaulat untuk membacakan kata-kata deklarasi yang diikuti oleh seluruh audiens.

Selain itu, ada juga aksi pembubuhan tandatangan sebagai bukti bahwa mereka yang telah menorehkan tanda tangan adalah masyarakat yang peduli terhadap anak-anak autis dan siap mendukung segala kegiatan yang berhubungan dengan anak autis.

Rumah Autis, Bina Talenta Centre, Genesia dan Forkasi merupakan penyelenggara seminar dan deklarasi ini. acara ini juga didukung oleh pemerintah daerah Bekasi, Baitulmaal Muamalat dan sponsor lainnya.

Nuraini, ketua panitia seminar, sekaligus perwakilan dari Talenta Centre mengemukakan bahwa acara tersebut dimaksudkan untuk membangun kesadaran pemerintah juga masyarakat umum akan hak-hak anak autis di masyarakat, bahwa anak-anak autis itu sebenarnya sama dengan anak-anak pada umumnya yang tidak perlu dibeda-bedakan bahkan dijauhi.

“Acara ini merupakan penyemangat bagi pemerintah serta masyarakat lainnya untuk lebih peduli terhadap keberadaan dan kebutuhan anak-anak autis,” demikian pandangan wakil walikota, Akhmad Syaikhu tentang acara deklarasi tersebut kepada Bekasimedia.

Akhmad Syaikhu mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan lembaga masyarakat yang fokus  memerhatikan anak-anak berkebutuhan khusus. Ia juga berharap dinas-dinas terkait, terutama dinas pendidikan kedepannya dapat mencanangkan program-program yang baik, yang bisa membantu elemen masyarakat pemerhati autisme. Serta bekerjasama untuk membangun kepedulian kepada anak-anak berkebutuhan khusus. (anr)

Be the first to comment on "Sambut Hari Autisme Sedunia, Bekasi Peduli Autisme dideklarasikan di Balai Patriot"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*