Owner Mie Perto, Bagikan Ilmu Membuat Mie Hijau di Jababeka Cikarang

miesehati2

Bekasimedia (29/03/15) – Bertempat di rumah warga  bernama Purwanto, yang terletak di Jl. Merak 11 Perumahan Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, siang tadi diselenggarakan kegiatan pelatihan membuat mie ayam oleh Syamsu Irman, owner Mie Perto, Jl. Sari Indah Ruko no.1 Lamaran, Karawang.

“Perto ini maksudnya mulailah dari emperan toko kalau memang susah untuk mencari tempat usaha,” ungkap Syam panggilan akrab bapak dua anak yang saat ini berdomisili di Karawang.

Mie Perto atau yang dikenal juga dengan nama mie hijau sehati meski dijual di emperan toko tapi bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan tidak asal-asalan, bahan untuk membuatnya dari bahan yang berkualitas, tidak memakai vetsin atau bahan pengawet.

“Biaya untuk pelatihan tidak ada, hanya untuk mengganti pembelian bahan-bahan pembuatan mie, bumbu, pangsit, saos, sambal dan lain-lain yang pada akhir sesi pelatihan dimakan bersama-sama,” kata Syam saat ditanya biaya pelatihan.

Syamsu dan Purwanto (Ipung)  merupakan anggota komunitas TDA (Tangan Di Atas) dan tergabung dalam MMC (Master Mind Cikarang) yaitu sebuah komunitas kecil yang terdiri dari beberapa orang anggota TDA untuk tujuan sharing dan motivasi bisnis.

Frekuensi pelatihan di rumah Purwanto ini periodik, sekurang-kurangnya setiap sebulan sekali dan hal tersebut merupakan agenda rutin dari MMC.

“Setiap orang bisa berbagi sehingga bermanfaat bagi orang lain, setidaknya berjualan bisa membantu keluarganya sendiri, itu semangat di TDA,” jelas Syam lebih lanjut.

Dua orang peserta pelatihan yang terjauh yaitu Yanda Heriadi Putra (31) dari Muntok, kepulauan Bangka – Belitung dan seorang lagi dari Jakarta yang tak mau diketahui identitasnya.

Menurut pengakuan Yanda, ia mengetahui lokasi pelatihan pembuatan mie ayam Sehati/mie Perto dari blog yang sengaja dibuat oleh Ipung di miesehati.wordpress.com

“Awalnya saya searching dan ketemu blog mie sehati, saya tertarik dan kontak pak Ipung saat itu juga,” kenang Yanda seorang lajang yang sehari-hari bekerja di sebuah perusahaan BUMN dan memiliki usaha sebagai pemasok kue-kue lebaran.

“Planning kedepan punya usaha yang memiliki kekhasan, mie sehati ini kan selain unik juga menyehatkan, tanpa bahan pengawet, tidak memakai MSG,” akunya.

Menurut Ipung, sejak 2010 sudah 100an kali adakan pelatihan membuat mie, para peserta datang dari Jawa (Cikarang, Bandung, Tasik, Bogor) dan luar Pulau Jawa seperti dari Aceh, Pekan Baru, Riau, Palembang, Bangka, Ujung Pandang, Makassar, Samarinda hingga ada juga peserta yang datang dari Irian Jaya.

Saat pelatihan semua diajarkan secara detail dari materi dari cara membuat mie, membuat bumbu, kaldu, krupuk/pangsit dan lain sebagainya.

“Semua diajarkan, teori sekaligus praktek, memotong sayuran, ngulek, pokoknya dari A sampai Z kita ajarkan,” tegas Ipung yang rumahnya dijadikan tempat latihan.

“Gunakan bahan berkualitas, jangan bohongi pelanggan, pastikan mutu makin lama makin baik,” tips dari Syamsu owner mie Perto (mie sehati) agar jualan bisa bertahan dan berkembang. (mk)

1 Comment on "Owner Mie Perto, Bagikan Ilmu Membuat Mie Hijau di Jababeka Cikarang"

  1. sukses salam sehati

Leave a comment

Your email address will not be published.


*