Roadshow Produk IT Indonesia ke Eropa Hasilkan Jutaan Dolar

Roadshow Produk IT Indonesia ke Eropa Hasilkan Jutaan Dolar

Bekasimedia (26/03/15) – Roadshow produk IT Indonesia ke beberapa kota di Eropa selama Maret hingga April ternyata menghasilkan jutaan dolar. Masyarakat Eropa banyak yang tertarik dengan produk teknologi informasi buah karya anak bangsa ini.

Paviliun Indonesia di, High Tech Campus Eindhoven, Belanda, Selasa (24/3). maupun di Hamburg Jerman ,Jumat (14/3), banyak dikunjungi dan mendapat pujian masyarakat Eropa.

Atase Perindustrian KBRI Brussel Putu Judi Ardika menuturkan, sejumlah perjanjian kerjasama dan proyek dengan nilai total jutaan dolar telah berhasil diraih misi dagang Indonesia selama pameran dan roadshow IT kali ini. Seperti perjanjian kerjasama teknologi enkripsi antisadap PT ICK dengan perusahaan mitra di Timur Tengah dan Eropa Barat, pen testing Bandung Techno Park dengan perusahan asal Amerika Serikat (AS), kerjasama off shore software PT Abyor dengan mitra Belanda, pengembangan produk LTE (Long Term Evolution) PT Fusi dan PME ITB dengan Prodrive Technology Belanda serta produk big data processing PT Solusi247 dengan perusahaan IRI asal AS.

“Kita dukung para pelaku usaha IT nasional untuk berkibar di pasar global. Kita dorong ekspor produk dan jasa IT karya anak bangsa ini ke pasar Eropa. Selain itu, digencarkan pula upaya pembangunan kemitraan pengembangan produk-produk teknologi tinggi,” cetus Putu.

Menurut Putu, potensi Indonesia menjadi pelaku industri IT dunia sebenarnya sangat besar. Mengingat tersedianya modal SDM kreatif dan besarnya pasar Indonesia yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan industri IT. Ditambah lagi faktor revolusi industri yang digerakkan IT saat ini semakin membuka kesempatan bagi setiap pengembang produk dan jasa IT turut ambil bagian dalam memenuhi kebutuhan pasar.

“Dan peluang tersebut akan lebih maksimal lagi bila ada dukungan berupa keberpihakan (affirmative action) penggunaan produksi dalam negeri dan tersedianya habitat industri IT yang mendukung kreatifitas,” pungkas Putu. (*/eas)

Keterangan foto: Paviliun Indonesia di arena CeBIT Hannover Jerman, 16-20 Maret 2015. Ada 12 perusahaan Indonesia yang ikut serta dalam kegiatan pameran IT terbesar dunia tersebut.

Be the first to comment on "Roadshow Produk IT Indonesia ke Eropa Hasilkan Jutaan Dolar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*