Komunitas Earth Hour Bekasi, Lebih Dari Sekedar Mematikan Lampu

eart hour2

Bekasimedia (25/03/15) – Earth Hour Bekasi adalah salah satu komunitas anak muda Kota Bekasi dalam bidang lingkungan, Sejarah berdirinya komunitas ini dimulai  pada tahun 2012, ketika Bekasi didaulat memegang amanah mengampanyekan Hemat Energi dan Selamatkan Bumi. 12 Februari 2012, saat pertemuan dengan Earth Hour Indonesia di Aula Kampus A STMIK Bani Saleh Bekasi.

Pertemuan itu dihadiri oleh beberapa perwakilan komunitas-komunitas di Bekasi. Pertemuan tersebut menghasilkan Pembentukan Tim Inti untuk memegang  kendali kampanye Earth Hour di Bekasi.

“Penggagasnya pihak Earth Hour Indonesia, WWF Indonesia dan beberapa aktivis lingkungan di Bekasi,  salah satunya Kak Ferlanzo yang saat ini fokus di gerakan #savemugo, selamatkan pantai  Muaragembong,” kaya Prasetyawan, koordinator Earth Hour Bekasi.

Prasetyawan mengungkapkan Earth Hour Bekasi mencoba memulai dari hal yang mampu dilakukan untuk memperbaiki wajah Kota Bekasi. Earth Hour Bekasi diharapkan menjadi gerakan bersama untuk menjadikan Bekasi menjadi lebih baik dan ramah lingkungan. Sebagai salah satu kota pendukung Ibukota DKI Jakarta, Kota Bekasi memiliki konsumsi energi yang kurang lebih sama dengan Jakarta. Oleh karena itu akan lebih bijak apabila warga Bekasi mulai memahami arti penting energi dan memulai mengubah gaya hidup hemat energi sedari ini agar lebih berguna bagi sesama dan bumi kita.

Mahasiswa Teknik Elektro UNJ ini juga menjelaskan bahwa kegiatan komunitasnya tak sekedar mematikan lampu selama 1 jam setiap Malam minggu ke-4 di bula maret, tetapi lebih dari itu.

“Kegiatan kita banyak, ada gerakan pungut sampah, pembuatan lubang biopori, bank sampah hingga education tour tentang lingkungan ke sekolah-sekolah,” ujar Prasetyawan.

Dari data yang bekasimedia terima, anggota Komunitas Earth Hour Bekasi kini sekitar 50 orang dari berbagai kalangan. Kegiatan terdekat adalah bergabung dengan ribuan Kota di dunia dalam seremoni mematikan lampu selama 1 jam pada Sabtu malam (28/03), yang akan dipusatkan di alun-alun Kota Bekasi.

Tertarik bergabung? Silakan menghubungi akun twitter Earth Hour Bekasi: @EHBekasi (eas)

Be the first to comment on "Komunitas Earth Hour Bekasi, Lebih Dari Sekedar Mematikan Lampu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*