Wartawan Televisi: Citizen Journalism Makin Berkembang, Tetapi Masih Banyak Kekurangan

IMG-20150321-WA034

 

Bekasimedia (21/03/15) – Rizki Tri Ruspanji, wartawan MNC Group membuka Workshop Bekasi Citizen Journalism, Sabtu ini (21/3) di Balai Patriot dengan materi mengenal sejarah dan perkembangan Citizen Journalism di Indonesia.

Rizki menjelaskan bahwa Citizen Journalism akhir-akhir ini makin berkembang di Indonesia berkat adanya telepon pintar atau smartphone, juga dengan dukungan jaringan internet yang semakin membaik.

Namun, Rizki juga masih menyayangkan banyaknya kekurangan kualitas produk Citizen Journalism yang ditayangkan. “Alur berita, teknik rekam, penulisan naskah yang masih belum runut, untuk itulah Citizen Journalism juga perlu dipelajari.”

Untuk sejarah perkembangan, menurut Rizki, Citizen Journalism mulai berkembang ketika terjadi Tsunami di Aceh tahun 2004.

“Waktu tsunami di Aceh, jurnalis belum banyak yang turun kesana, sementara peristiwa telah berlangsung. Nah, waktu itu rekaman langsung dari warga lah yang mampu merekam langsung gambar saat kejadian. Kepanikan warga saat Tsunami dan sebagainya,” ujar Rizki.

Pada akhir sesi, Rizki berpesan bahwa Citizen Journalism harus tetap diusung dengan tanggung jawab, tidak semena-mena dan memikirkan dampak positif-negatif.

“Pikirkanlah baik-baik sebelum merekam,” pesan Rizki. (eas)

Be the first to comment on "Wartawan Televisi: Citizen Journalism Makin Berkembang, Tetapi Masih Banyak Kekurangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*