PDGI Bekasi Latih Wali Murid & Guru Jadi Kader Kesehatan Gigi

dokter kecil hari gigi 2015

Bekasimedia (20/03/15) – Dinas Kesehatan dan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Wilayah Bekasi tahun ini melibatkan orangtua siswa untuk mengampanyekan kalender 21 Hari menyikat gigi pagi dan malam. Pelibatan tersebut akhirnya menghadirkan kader-kader kesehatan Gigi dan Mulut serta perekrutan dokter gigi kecil di dua sekolah percontohan.

Seperti di SDIT Raudhatul Muttaqien, Jumat (20/03), Sebanyak 10 kader kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari wali siswa dan dua guru dilibatkan untuk membagikan kalender 21 hari sekaligus mengampanyekan gerakan sikat gigi pagi dan malam selama 21 hari.

“Kita betul-betul membina kader-kader ini dari awal sekali. Dari sama sekali belum tahu menjadi tahu,” ungkap Koordinator PDGI Bekasi, drg. Rosyida kepada Bekasimedia.

Dalam acara Gerakan Sikat Gigi Pagi dan Malam di SDIT Ramu, para kader memberi informasi kepada siswa-siswi SDIT RAMU tentang lima langkah menyikat gigi yang benar. Yaitu; Menyikat permukaan gigi bagian depan dari arah gusi ke gigi, menyikat permukaan gigi luar dengan gerakan memutar, gerakan maju mundur untuk permukaan gigi kunyah, gerakan memutar ke depan dan ke belakang dari arah gusi ke gigi untuk permukaan gigi dalam dan terakhir, gerakan mencungkil dari gusi ke gigi untuk gigi depan bagian dalam. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah karena lidah adalah tempat berkumpulnya bakteri.

“Kita ingin mengubah kebiasaan anak-anak tentang waktu dan cara menyikat gigi. Yaitu menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Percontohan kita adalah kelas 3. Jadi selain mengampanyekan gerakan sikat gigi siang dan malam selama 21 hari. Kedepannya kelas 3 SD ini akan terus dipantau perkembangannya selama tiga tahun,” tutur salah seorang Kader.

World Oral Health Day ini disambut anak-anak SDIT RAMU dengan antusias. Selain melakukan aksi sikat gigi massal tepat pukul 09:00, diadakan juga pemeriksaan gigi kelas ganjil (1,3 dan 5) oleh tim dokter dari puskesmas Jatimakmur.

“Acaranya seru. Jadi tahu gimana cara menyikat gigi yang benar. Tapi semoga tahun depan ada fun game-nya juga,” tutur siswi kelas 5 bernama Ifa. (anr)

Be the first to comment on "PDGI Bekasi Latih Wali Murid & Guru Jadi Kader Kesehatan Gigi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*