Kegiatan Komunitas Peduli Halal, Dari Edukasi Hingga Advokasi

 

pusathalalcom - komphiorg(1)

Bekasimedia (20/03/15) – Bagi seorang muslim, apa yang dikonsumsi dan digunakan akan memberi pengaruh terhadap gerak langkahnya. Kalau ada unsur-unsur haram dalam produk dikonsumsi, maka  do’a-do’a dan amal-amal bisa tertolak dan keberkahan dalam hidup kita akan terlepas.

Demikian disampaikan Imam Hambali dari Komunitas Peduli Halal Indonesia (KOMPHI) Cikarang kepada Bekasimedia, Kamis (19/03).

Sejak kelahirannya pada tahun 2012 silam, KOMPHI telah menggelar banyak kegiatan, diantaranya :

EDUKASI HALAL

– Halal Goes To College;  memberikan kesadaran halal kepada anak-anak sekolah, SMP, SMA & Universitas.

– Halal Indonesia; Tayangan rutin edukasi halal melalui TV Lokal http://badarmedia.tv Cikarang di channel 24 UHF / 495,25 MHz setiap hari Sabtu jam  09:00 – 10:00 WIB.

– Halal Kuliner; Melakukan kunjungan ke beberapa resto dan melakukan edukasi kepada pemilik resto tentang kehalalan produk makanan.

– Halal Factory Tour; best practice pada salah satu produk industry yang telah memiliki komitmen atas sistem jaminan halal dan memberikan dukungan  penuh kepada industry halal untuk tetap memberikan jaminan kehalalan sesuai HAS 23000 atas produk yang di edarkan kepada konsumen.

– Taklim Halal; melakukan kajian-kajian Halal di tengah masyarakat

ADVOKASI HALAL

– Melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam membela konsumen untuk mendapatkan jaminan produk halal dan menjaga konsumen dari pihak-pihak  yang akan merugikan konsumen muslim, seperti advokasi dalam beredarnya daging babi oplosan dan gerakan anti miras.

SINERGI DENGAN BEBERAPA KOMUNITAS / ORGANISASI

– Lokal daerah : TV lokal, Radio Lokal, GeNAM (Gerakan Nasional Anti Miras), FPI (Front Pembela Islam) Bekasi, Forkammi (Forum Komunikasi Masjid &  Musholla Cikarang Baru)

– Nasional : IHF (Indonesia Halal Forum), IHC (Indonesia Halal Center), Halal Watch, Asosiasi Chef Halal Indonesia, MyHalalKitchen, Halal Corner, UKM  Gemar Halal, dan lain-lain.

– International : Dagang Halal dari Malaysia.

“Insya Allah jika masyarakat sudah memiliki kesadaran atas jaminan halal maka produk yang tidak ada jaminan halalnya tidak akan laku di pasaran dan  secara berangsur-angsur para produsen akan merasakan nilai

tambah dari adanya sistem jaminan halal sehingga para produsen akan bersegera menjaminkan  kehalalan atas produknya,” pungkas Imam Hambali. (mk/imh)

Be the first to comment on "Kegiatan Komunitas Peduli Halal, Dari Edukasi Hingga Advokasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*