Jaringan Aksi Aktivis Mahasiswa UI Gelar Aksi Selamatkan Rakyat Indonesia

ALUMNI UI

Bekasimedia (20/03/15) – Mahasiswa dan alumni aktivis Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi hari ini di kampus fakultas kedokteran UI, Salemba Jakarta Pusat. Ratusan massa mulai mendatangi lokasi acara selepas Salat Jumat.

Jaringan Aksi Aktivis Mahasiswa UI (JAK UI) yang terdiri dari aktivis mahasiswa UI dari angkatan 1997 hingga 2013, menyatakan bahwa reformasi yang  digelorakan mahasiswa 17 tahun lalu, secara kasat mata dan terang benderang mulai dikhianati. Supremasi hukum yang menjadi dasar penyelenggaraan kehidupan bernegara telah dijungkir balikan oleh pelaksana mandat rakyat itu sendiri, kisruh KPK versus Polri contohnya.

Dalam rilis yang diterima bekasimedia, JAK UI menyatakan KKN yang dahulu menjadi  musuh bersama dan harus diberantas, yang merupakan salah satu amanat reformasi, kini malah dipraktekan dan tumbuh kembali bagaikan parasit yang terus menggerogoti pemerintahan yang  berkuasa belum seumur jagung ini.

JAK UI juga menyoroti kehidupan demokrasi saat ini yang hanya menjadi panggung ketamakan elite politik yang hanya memperebutkan kue kekuasaan. Demokrasi kehilangan makna berganti menjadi ajang pamer kekuatan dan kekuasaan.

Yang lebih memprihatinkan adalah semakin mahalnya harga-harga  barang kebutuhan pokok karena dipicu kebijakan pemerintah menaikan harga BBM, Listrik, Gas dan Pajak. Alih-alih ingin mempertahankan stabilitas ekonomi, yang terjadi justru mencekik leher rakyat dan rakyat dipaksa mengencangkan ikat pinggangnya karena melambungnya harga-harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya.

Tampil berorasi, Heru Cokro Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) UI 1997-1998, yang dahulu menjadi koordinator lapangan Pendudukan MPR-DPR 1998. Kini ia tampil sebagai Juru bicara JAK UI. Selain Heru, hadir juga ketua BEM UI dari berbagai angkatan. (eas)

Be the first to comment on "Jaringan Aksi Aktivis Mahasiswa UI Gelar Aksi Selamatkan Rakyat Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*