Balada Pendaftaran BPJS Kesehatan

BPJS Kota Bekasi
Bekasimedia (19/03/15) – Pendaftaran BPJS Kesehatan perlu kesabaran. Pendaftar maksimal harus sudah datang pukul 06:00 WIB. Hal ini seperti tertulis pada pengumuman di Pos Satpam Kantor BPJS Kota Bekasi di Jalan Veteran Raya, tepat di belakang masjid Al Barkah.

Ketika bangku sudah penuh maka para pendaftar yang baru saja datang harus menunggu hingga pukul 08:00 WIB untuk gelombang kedua, karena pihak BPJS baru memanggil dan memberikan nomor antrian pada pukul 08:00 WIB. Jika diantara pendaftar ada berkas yang tidak lengkap kemudian ia kembali untuk  melengkapi, maka pendaftar baru bisa menduduki kursi tersebut, dan akan dipanggil setelah gelombang pertama selesai.

Bekasimedia  mencoba datang pukul 09:00 WIB. Saat mendatangi Pos Satpam dan menanyakan pendaftaran BPJS, Satpam jaga menyatakan bahwa nomor antrian sudah habis. Ia menyuruh pulang dan kembali datang esok harinya pukul 06:00 WIB.

Esoknya, Bekasimedia kembali datang. Benarlah bahwa pada jam tersebut kantor BPJS sudah ramai oleh pendaftar BPJS. Namun petugas BPJS belum ada yang datang kecuali Satpam.

Saat bekasimedia Bekasimedia meminta nomor antrian kepada Satpam. Petugas jaga menyuruh untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Yaitu di sebelah kanan. Ada dua bagian yaitu kursi-kursi untuk mendaftar dan kursi-kursi untuk perbaikan data BPJS. Kursi-kursi untuk pendaftar berjumlah hingga 100 bangku terletak sebelah kanan sedangkan untuk perbaikan data berjumlah 70 kursi ada di sebaliknya.

Sayangnya kursi-kursi untuk pendaftar sudah penuh. Sepertinya  para pendaftar sudah datang sebelum pukul 06:00 WIB. Saat  berdiri di belakang kursi, Bekasimedia didekati seorang ibu. Ia menanyakan, “bapak mau daftar BPJS atau nambah?”

Saat dijawab mau tambah anggota keluarga, Ibu itu menjawab,”sini sama saya saja 200 ribu untuk satu Kartu Keluarga (KK) karena bapak sudah buat dan menambah untuk anggota keluarga. proses satu minggu. Pembayaran setelah kartu diterima,” ujarnya menjelaskan.

Selain Bekasimedia, ternyata banyak juga yang ditawari kemudahan oleh Ibu itu. Ada Fadhil, warga  Pedurenan. Dia juga tidak dapat kursi kosong. Sudah tiga kali bolak-balik kantor BPJS, karena berkasnya kemarin-kemarin tidak
lengkap.

Dari pengamatan bekasimedia, sosialisasi mengenai kelengkapan administrasi sangatlah kurang kepada warga, selain itu nomor antrian yang kurang banyak harus berdasarkan tempat duduk, bukan penomoran dengan nomor antrian digital seperti di instansi lain seperti di Pegadaian atau Bank Swasta.

Kedua, sistem pendaftaran online harus ditingkatkan lagi sosialisasinya. Ketiga, pelayanan yang kurang sehingga banyak warga yang datang untuk mendaftar dan memperbaiki data kebingungan dikarenakan petugas baru datang pukul 08:00 WIB,  sedangkan warga sudah diminta menunggu sejak pukul 06:00.

Keempat, tidak adanya form yang disediakan saat warga sudah datang. Form baru ada setelah petugas sudah datang dan diberikan oleh petugas. Tidak seperti pelayanan di Bank, leasing, kantor pajak yang sudah menyediakan form di meja pendaftaran.

Semoga kedepannya BPJS dalam pelayanan pendaftaran lebih baik lagi. (i)

2 Comments on "Balada Pendaftaran BPJS Kesehatan"

  1. http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online <– bpjs online, saya daftar bbrp menit selesai. harus lbh disosialisasikan memang

  2. Harus ada lembaga yg mengontrol jalannya pelayanan BPJS ini.Laporkan kesini bila ada pelayanan yg buruk http://www.laporpolisi.com atau kasus penipuan online.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*