Bayah, Surga Tersembunyi di Selatan Banten

image

Bekasimedia (14/03/15)- Pantai-pantai di Bayah sering dijuluki sebagai Bali-nya Banten. Bahkan ada juga yang mengatakan pantai-pantai di Bayah tidak kalah cantik dengan panorama pantai di Thailand. Beberapa proses pembuatan film Indonesia bahkan pernah juga syuting di beberapa pantai yang ada di Bayah. Sebut saja seperti film Kamulah Satu-satunya yang dibintangi Nirina Zubir serta di Bawah Lindungan Ka’bah yang dibintangi Herjunot Ali. 

Bayah terletak di selatan pulau Jawa. Sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Wilayah yang terkenal karena zaman dahulu ditandai dengan sejarah kehadiran Tan Malaka. Bayah juga wilayah yang dikenal karena di sana terdapat tambang batubara. Dan tentu saja objek wisata pesisir pantainya.

Pantai-pantai di Bayah, memiliki air laut yang jernih berwarna biru tua, bentuk karang-karang yang unik, juga pasir putih yang bersih berkilauan. 

Selain Sawarna, yang menjadi objek wisata pantai favorit wisatawan saat di Bayah, ada juga pantai lainnya seperti Pulo Manuk dan Pasir Putih. Maka jangan heran jika saat berkendara sebelum sampai menuju ke tujuan utama, Anda akan sering turun untuk sekadar mengabadikan momen indah di sepanjang jalan. Karena sepanjang jalan Malingping menuju Bayah, hamparan pasir pantai dan debur ombak menerjang karang akan sayang untuk dilewatkan lensa kamera. 

image

Jalan di sepanjang pantai juga tidak kalah menarik. Di kiri-kanan jalan terdapat banyak pohon yang ranting keringnya menjatuhkan daun-daun, ada persawahan, juga bukit. 

Meski menuju Bayah butuh perjuangan menaklukan waktu yang melelahkan, namun semua akan terbayarkan setibanya Anda di tujuan. 

Terkait rute, bisa ditempuh dari berbagai titik transit dari kota-kota besar. Dari Jakarta, misalnya, bisa melalui Serang. Bisa juga lewat Rangkasbitung, bisa juga melalui Pelabuhan Ratu. 

Hotel atau penginapan cenderung masih jarang, tapi sebagai alternatif lain, Anda bisa saja ikut menginap di rumah-rumah penduduk. Dengan negosiasi bayaran yang tentu saja bisa Anda dan pemilik rumah musyawarahkan. Single trip maupun rombongan, sama mengasyikannya. 

Meski tersembunyi dan perlu menembus rute perjalanan yang melelahkan, berkelok dan curam, juga karena akses jalan di beberapa titik masih rusak, namun, bagi Anda pecinta travelling terutama yang suka sekali dengan panorama laut yang masih asri, pemandangan bukit, sawah, karang dan gua, Bayah, adalah destinasi wisata yang patut Anda masukkan ke dalam daftar tempat tujuan wisata Anda. Selamat Berlibur! (anr/Lita)

1 Comment on "Bayah, Surga Tersembunyi di Selatan Banten"

  1. great spot

Leave a comment

Your email address will not be published.


*