Parade CAP GO MEH Bekasi, Beragam Budaya Bersatu Padu

Bekasimedia (06/03/15) – Ratusan warga Bekasi saksikan perayaan Cap Go Meh dengan turun di jalan pada kamis lalu (05/03/15) , mulai dari Klenteng di daerah Pasar Proyek lalu menyusuri Jl. KH. Agus Salim – Patal – Jalan Pemuda – Bundaran Bulan bulan – lalu kembali ke Klenteng. Menurut panitia, acara tersebut sudah berlangsung sejak pukul 13.00, namun parade turun ke jalan mulai pukul 15:00 – 17:30.

“Acara ini rame, seru dan anak-anak senang. Ini sudah empat kali saya melihatnya,” ujar salah satu warga yang tinggal di Pasar Proyek Bekasi.

Bagi kebanyakan warga, acara ini sebagai alternatif hiburan, ditengah sempitnya lahan untuk hiburan. “Seneng, murah lagi,” ujar pengunjung yang lain.

IMG_05032015_155415

Dalam parade Cap Go Meh, selain menampilkan Barongsai dan Naga Merah, juga ada penampilan dari budaya yang sudah terlebih dahulu ada di Bekasi, seperti Sisingaan, Ondel – Ondel dan parade kesenian lainnya.

Menurut Jimi, salah satu panitia yang sempat ditemui bekasimedia, hal ini menunjukkan bahwa warga Tionghoa terbuka bagi pribumi. “Selain itu juga wujud terimakasih karena sudah menerima kami. Juga kepada Gus Dur yang
banyak berjasa hingga Imlek sekarang bisa kita rayakan,” Jelasnya.

Lebih lanjut Jimi menjelaskan ini sebagai bentuk bahwa budaya Tionghoa bisa menyatu dengan kebudayaan setempat yang lebih dulu ada. Pria asal Medan ini berharap, parade ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sebagai kekayaan warga Bekasi. (yp)

Be the first to comment on "Parade CAP GO MEH Bekasi, Beragam Budaya Bersatu Padu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*