Inilah Kiat Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

23201515124

Bekasimedia (03/03/15) – Membaca merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat. Segala informasi bisa didapatkan dengan membaca. Istilah membaca adalah jembatan ilmu sangat benar adanya. Karena, dengan membaca ilmu asing sekalipun bisa diketahui.

Merutinkan diri untuk membaca memang butuh kebiasaan. Tidak hanya bagi orang dewasa, bagi anak-anak pun, minat baca perlu ditumbuhkan agar nantinya bisa menjadi kebiasaan. Bagaimana menumbuhkan minat baca pada
anak, berikut tipsnya:

Ajaklah anak-anak untuk mengunjungi toko buku. Biarkan mereka mencari sendiri buku yang menarik menurut mereka. Jangan memaksakan satu judul buku untuk dibaca oleh anak. Bebaskan mereka untuk menentukan pilihan. Karena, buku yang menurut mereka menarik akan mengundang minatnya untuk membaca.

Beri reward atau penghargaan bila anak-anak telah menyelesaikan satu judul buku. Misalnya, sebuah buku baru atau peralatan sekolah baru akan diberikan sebagai hadiah jika mereka berhasil menyelesaikan satu judul buku.

Tawarkan buku dengan gambar-gambar yang menarik. Biasanya anak-anak suka sekali dengan buku bergambar (pictbook). Buku dengan gambar warna-warni terlihat sangat menarik bagi mereka daripada buku dengan deretan huruf saja.
Tempat membaca yang nyaman. Jika memungkinkan, buatlah ruang khusus untuk membaca. Isi ruangan tersebut dengan lemari buku dengan susunan yang menarik. Jika tidak ada ruangan khusus, bisa gunakan ruang tengah atau
ruang keluarga. Rutinlah untuk merapikan buku yang terdapat di dalam lemari agar terlihat lebih indah. Suasana yang nyaman akan membuat aktivitas membaca jadi semakin menyenangkan.

Menumbuhkan minat baca pada anak memang butuh perjuangan. Namun, kreativitas orang tua sangat penting agar minat baca pada anak dapat tumbuh. Membaca memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kecerdasan
anak. Sudah selayaknya orang tua membantu memfasilitasi anak-anak agar minat bacanya tumbuh. (ris)

Be the first to comment on "Inilah Kiat Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*