Gelar Tes Masuk, SDIT Insan Rabbani Libatkan Psikolog

image

Bekasimedia (01/03/15) – Geliat pendidikan untuk tahun ajaran 2015-2016 di Kota Bekasi mulai ramai akhir Februari ini. Beberapa sekolah swasta telah mulai membuka pendaftaran siswa baru hingga menggelar tes masuk.

Seperti yang terlihat Sabtu Pagi di kampus SDIT Insan Rabbani yang terletak di Jl. Ratu Boko Perumahan Duta Kranji Bekasi Barat. Nampak beberapa orang tua mengantarkan anaknya yang masih berusia 5-6 tahun untuk mengikuti tes masuk SD. 

Ditemui di ruang kerjanya, Anida Fitria dari Insan Rabbani menyatakan bahwa tes yang diadakan berupa tes psikologi dan kemampuan baca, tulis serta hitung.

Saat ditanyakan kenapa harus ada tes masuk, Anida menjawab bahwa hal itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan psikologi calon siswa didik untuk menerima pelajaran di sekolah dasar.

image

“Tesnya langsung dengan psikolog. Tujuannya untuk mengetahui kesiapan anak untuk belajar di sekolah dasar. Jadi bukan berarti yang sudah bisa calistung diutamakan. Belum bisa gak masalah, yang penting usia sudah matang,” ungkap Anida, guru senior yang sedang melanjutkan kuliah ke jenjang S2.

Kematangan emosional dan usia yang menjadi pertimbangan utama. Anida menceritakan, tahun ajaran lalu, setengah dari siswa yang diterima belum bisa calitung, namun di semester kedua, mereka mampu mengejar ketertinggalan.

Untuk tahun ajaran baru ini, SDIT Insan Rabbani menerima 40 siswa yang akan dibagi menjadi 2 kelas, “kita terima 40 siswa yang akan kami didik dengan hati, dengan cinta, Alquran akan menjadi sarapan anak-anak setiap pagi,” pungkas Anida. (eas) 

Be the first to comment on "Gelar Tes Masuk, SDIT Insan Rabbani Libatkan Psikolog"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*