Mustika Panca Muka, Sesepuh Pencak Silat Bekasi

 

silatBekasimedia  (26/02/15) Pencak silat adalah seni beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia. Olahraga ketangkasan gerak tubuh ini berfungsi sebagai alat menyerang dan membela diri.

Hal ini diungkapkan Nanang Saptaji, salah satu pendiri Perguruan pencak silat Mustika Panca Muka. Ia menambahkan bahwa perguruan yang didirikannya adalah salah satu sesepuh Pencak Silat di Bekasi.

“Pencak sudah ada jaman dulu. Pada tahun 50-an, para pesilat latihan sambil ngumpet, karena pada saat itu masih ada penjajah Belanda,” tutur Nanang dalam komentarnya di acara Kongkow bareng para pendekar Pencak Silat se-Kota Bekasi, (15/02).

Menurutnya, pencak silat yang ada di Bekasi sudah dimulai pada tahun 1971. Mustika Panca Muka, Setia Hati Teratai, Tapak Suci, Kala Hitam dan Jaya Pusaka Manunggal adalah 5 perguruan cikal bakal Pencak Silat di Bekasi.

Mustika Panca Muka atau Mahkota Lima Wajah di dirikan oleh Nanang Saptaji dan Istri beserta 3 (tiga) sahabatnya, Didin Juandi, Didi Supriadi (Alm) dan  Babay, berlatih Syahbandar Kari Madi sejak tahun 1960.

“Asal mulanya itu satu perguruan satu aliran yaitu Syahdbandar Kari Madi yang dibawa dari Sukabumi Jawa Barat,” ulas Pelatih pencak yang mengajar pencak di 7 (tujuh) sekolah di Bekasi ini.

Syahbandar Kari Madi sendiri berasal dari ulama-ulama Pagaluyung, jaman kerajaan di Sumatera yang melestarikan perguruan ini melalui para santrinya. Hingga kini, Ikatan Pencak Silat Indonesia mencatat, sudah ada 50-an lebih perguruan pencak silat yang berdiri di Kota  Bekasi. (ry)

Be the first to comment on "Mustika Panca Muka, Sesepuh Pencak Silat Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*