Belajar Citizen Jurnalism dari Film Nightcrawler

Bekasimedia (24/02/15) – Louis Blossom atau biasa dipanggil Lou, adalah seorang yang terbiasa  melakukan sesuatu apapun agar bisa bertahan hidup di kota sebesar Los Angeles. kebanyakan “pekerjaan” yang dilakukannya adalah mencabut pagar serta baut didekat jalur kereta api, yang nantinya ia jual ke seorang mandor bangunan yang membutuhkannya. Sampai suatu ketika, di tengah perjalanan pulang  ke rumah, ia melihat kecelakaan mobil di jalan bebas hambatan, sepersekian detik kemudian muncul sebuah mobil van yang didalamnya keluar 2 orang membawa kamera televisi merekam tempat kejadian perkara.

nightcrawler-main

Lou penasaran, dengan muka yang keheranan ia memberanikan diri bertanya kepada si pemilik mobil van tersebut, dan ia dapati bahwa profesi orang tersebut ternyata sangat berbahaya. Disebut olehnya “nightcrawling” freelance professional yang merekam setiap kecelakaan dan atau insiden yang terjadi sepanjang malam, yang kemudian hasil rekaman tersebut dijual ke stasiun TV yang mampu membelinya dengan harga tertinggi.

Loupun tergiur melihat potensi tersebut. dengan caranya sendiri ia berhasil mendapatkan sebuah handycam sederhana dan sebuah radio polisi. Sampai suatu saat, ia bertemu dengan Nina seorang produser berita di TV Lokal yang nantinya menjadi konsumen tetap video liputannya, sampai ia merasa menemukan inilah passion yang selama ini belum ia temukan. Kejadian demi kejadian berhasil ia rekam dan diterima dengan baik oleh TV Lokal. Karena keberhasilannya, dirinya terpaksa harus merekrut partner liputan, dan membuat pesaingnya dimobil van selalu kalah sekian langkah dengan dirinya.

Jake Gyllenhaal yang  berperan sebagai Louis Blossom memainkan perannya dengan sangat baik, didukung dengan set dan make up artist yang kuat, mampu membuat perannya terlihat nyata, dengan muka pucat, mata yang selalu memperlihatkan kepada penonton ketegangan sekaligus rasa penasaran.  Film ini menjadi debut scriptwriter ternama di film trilogi The Bourne Legacy Dan Gilroy sebagai direktor atau pengarah produksi.

Tidak dipungkiri lagi peran dan pekerjaan yang dilakukan Lou  difilm ini bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak harus malam hari dan tidak pula diawali dengan pencurian atau kriminalitas lainnya. Misal ketika kita sedang terjebak macet, cobalah minggir sebentar, keluarkan ponsel pintar dari sakumu, lalu mulailah merekam hal hal yang terjadi disekitar anda.

Nah inilah yang disebut citizen journalism. atau jika mau lebih pintar dalam mengarahkan kamera ponsel, dari pakarnya langsung yang berasal dari media ternama Indonesia, bisa ikuti Workshop Citizen Journalism yang diselenggerai oleh Bekasimedia yang mendapat dukungan dari Pemkot Bekasi. (frb/eas)

1 Comment on "Belajar Citizen Jurnalism dari Film Nightcrawler"

  1. patut ditonton nih..

Leave a comment

Your email address will not be published.


*