Arbaini: Nenek Sepuh Pengelem Kertas

Bekasimedia (23/02/15) – Bekerja, membuat orang merasa ada dan dihargai. Pekerjaan remeh pun tetap ada manfaatnya. Jika Anda merasa selalu mengeluh kesulitan mencari kerja, atau sedang putus asa dengan pekerjaan Anda yang (padahal) bergaji bulanan, maka belajar bersyukurlah lewat kisah  pekerjaan nenek tiga cucu bernama Arbaini.

Arbaini Nenek Sepuh Pengelem Kertas

Perempuan sepuh yang sudah tak bergigi berusia 73 tahun ini sudah empat tahun menekuni pekerjaan melipat dan mengelem kertas untuk salah satu outlet ayam goreng terkemuka di Jatimakmur. Nenek dari Baim (7), Syifa (5) dan si kecil Iqbal ini sehari-hari mengasuh cucunya sambil melipat dan mengelem kertas. Sementara anak perempuannya bekerja sebagai asisten rumah
tangga di tempat lain.

Untuk seikat kertas dengan jumlah seratus lembar, dihargai Rp. 30.000. Diakui nenek Arbaini, jika sudah waktunya setor akan dilihat baik-baik, apakah ada cacat atau tidak pada kertasnya.

“Diperiksa, rapi atau nggak. Kalau satu ilang. Didenda Rp. 1000,” ungkap Arbaini sambil mengelem kertas dengan lem sagu, saat disambangi bekasimedia pada Minggu, (22/02).

Dengan usianya yang sudah tak lagi bugar, pekerjaan itu masih setia dilakoninya. Meski sering mengeluh sakit pinggang dan kaku di leher karena terlalu lama duduk, belum lagi dengan tiga cucu kecilnya yang harus tetap diawasi, Arbaini tetap berusaha melakoninya.

“Dulu pertama kerja cuma dua orang yang kerja ngelem begini. Sekarang udah banyak. Tapi banyak juga yang berhenti soalnya pekerjaannya nggak rapi.” tutur Arbaini kemudian.

Kehidupan di kota besar memang menuntut siapa saja untuk tidak menganggur. Siapa pun ingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Yang bisa menopang kehidupan sehari-hari.

Di dalam keluarga Arbaini, penghasilan hanya ditopang oleh pekerjaan anak perempuannya, maka nenek Arbaini juga ikut serta mencari nafkah meski usianya sudah renta dan banyak mengeluh sakit. (anr)

Be the first to comment on "Arbaini: Nenek Sepuh Pengelem Kertas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*