Mengenal Kepribadian Anak Lewat Lukisan

Bekasimedia (22/02/15) – Menggambar, mewarnai dan melukis, adalah kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak biasanya senang jika disodori kertas gambar beserta pensilwarna, krayon, kuas, cat air, dan sebagainya. Meskipunbelum mahir menggambarkan suatu bentuk secara jelas, biasanya mereka akan membuat apa saja yang terlintas dalam imajinasi ke atas kertas. Imajinasi anak, kadang sangat tidak terduga.

lukisan-anak2

Selain menyenangkan, ternyata kegiatan melukis mempunyai manfaat bagi anak. Selain bisa membantu anak melepaskan stress, serta mengasah kreativitas, ternyata, gambar yang terbentuk serta warna-warna yang dipilih pun menggambarkan pula kepribadian anak.

“Jika anak dibiarkan melukis tanpa didikte, mereka akan menemukan jati diri mereka.” ujar Gora Wijaya, pelukis dan ilustrator asal Bandung kepada Bekasimedia pada Sabtu (21/02).

Satu warna di dunia ini biasanya memiliki satu makna. Akan tetapi, menurut Gora, untuk membentuk seseorang, perlu lebih dari satu warna, minimal tiga warna.

“Warna-warna tertentu, kan, gambaran emosional anak.” lanjut Gora.

Untuk percobaan, Gora pun menyuruh Bekasimedia menyebut tiga warna secara spontan. Saat disebutkan warna biru, hitam dan ungu, Gora menjawab maknanya, yakni,”Sedang berpikir dalam tentang makna hidup hari ini dan ke depan nanti. Sekarang ini sedang jadi pengamat kalau tiga warna itu yang dipilih.”

Menariknya lagi, satu lukisan utuh hasil karya anak ternyata bisa menggambarkan kepribadian anak dan apa yang sedang dipikirkan atau diharapkannya.

Saat Bekasimedia menyodorkan sebuah contoh lukisan karya anak bernama Ahnaf Erlangga, saat melukis dia masih SD, sekarang sudah kelas satu SMP, tanggapan Gora Wijaya adalah, “itu dia pengen cari dunia dan kehidupan baru.”

Nah, ternyata, dari satu kegiatan melukis saja bisa sambil mengenali potensi dan kepribadian anak. Maka, Ayah, Bunda, mari terus pantau, arahkan, dan dukung kreativitas anak-anak. Agar tetap kreatif pada jalur yang positif. (anr)

 

Be the first to comment on "Mengenal Kepribadian Anak Lewat Lukisan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*