DPR Dorong Ombudsman Selidikin Lion Air

Bekasimedia (22/02/15) – Anggota Komisi II DPR RI, Saduddin mendorong upaya yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) melakukan investigasi terkait kekacauan dalam pelayanan publik di maskapai penerbangan Lion Air.

12201581851

“ORI memiliki kewenangan melakukan investigasi atas prakarsa sendiri *(ownmotion investigation)* terkait dengan pelayanan publik, baik instansi pemerintah maupun swasta yang merugikan kepentingan masyarakat ,” papar Saduddin, yang disampaikannya melalui telepon selular, Sabtu (21/2).

Saduddin menyampaikan, tanpa harus menunggu laporan atau pengaduan masyarakat atas dugaan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, maka ORI bisa pro aktif melakukan investigasi, apalagi kasus ini termasuk *national strategic interest*.

Saduddin menduga ada standar prosedur pelayanan publik yang dilanggar oleh pihak maskapai dan pengawasan yang lemah oleh Kemenhub untuk segera mengambil tindakan sehingga menimbulkan kekacauan.

“Tidak adanya kompensasi kepada penumpang, kurangnya antisipasi pihak maskapai untuk menyiapkan pesawat cadangan dan tidak optimalnya ruang pengaduan (Customer Complaint Handling Unit). Itu semua maladministrasi,” ujarnya.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.25 tahun 2008 dan Permenhub No. 77 tahun 2011 bahwa setiap maskapai penerbangan wajib memberikan kompensasi kepada penumpang yang diakibatkan terjadinya keterlambatan penerbangan (flight delayed), tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat udara (denied oarding passenger) dan pembatalan penerbangan (cancelation of flight).  */eas)

Be the first to comment on "DPR Dorong Ombudsman Selidikin Lion Air"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*