Bang Komar: China Bagian Dari Kita

JpegBekasimedia (20/02/15) – Komarudin Ibnu Mikam, budayawan Bekasi menyebut bahwa China merupakan bagian dari kita. Hal ini beliau sampaikan kepada bekasimedia pada hari Kamis (19/02).

“Budaya tanpa melihat warna kulit atau SARA dan lain sebagainya, tapi melihat kontribusi dan perilaku,” ujar pria yang biasa disapa Bang Komar ini di gedung sekretariat IKA SMAN 1 Bekasi.

Hal itu dikatakannya terkait Tahun Baru China atau Imlek yang menjadi hari libur nasional dan mengingat peran etnis China dalam pembangunan negeri ini, khususnya di Bekasi.

Pria yang juga Direktur ICMI Kabupaten Bekasi ini berpesan bahwa hidup itu harus seperti pribahasa, “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”, Kalau orang luar berperilaku baik ya buat apa dimusuhi. Buat siapa pun yang datang ke Bekasi harus memegang prinsip itu.

“Itu konteks yang dipakai oleh teman-teman budayawan. Kalau orang kita *ge* ngerusak budaya kita musuhi juga kan gitu,” ujarnya bersemangat.

Bekasi adalah kota yang menyangga ibukota. Beragam warna dan corak budaya hadir mewarnai. Bang Komar menyebut bahwa akar budaya Bekasi itu *cosmopolitan* yang plural dan heterogen.

“Semangatnya begini, kalau kita tidak bisa dipersatukan dengan hal lain, tapi kita bisa dipersatukan dengan budaya,” tegasnya. (yp)

Be the first to comment on "Bang Komar: China Bagian Dari Kita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*