Jadilah Orang Tua Idola Anak

DSCF5672

Apa kabar para ayah & bunda di Bekasi dan seluruh Indonesia ?

Keluarga merupakan lembaga terkecil yang ada dimuka bumi. Didalam keluarga terdapat ayah, ibu dan anak, yang masing-masing merupakan subjek dalam keluarga, bukan objek. Objek yang disebut “manusia”.

Tujuan menikah adalah mendapatkan keturunan, untuk melanjutkan generasi keluarga. Anak adalah generasi yang akan melanjutkan keluarga di masa datang. Orang tua hidup di masa sekarang, sementara anak akan “hidup” dimasa datang, sesuai dengan pilihan hidup-nya.

Anak belajar pertama kali di muka bumi, tidak lain dan tidak bukan adalah dengan orang-orang di sekitarnya, dalam hal ini adalah Orang Tua (Ayah & Bunda). Semua orang tua menginginkan anak menjadi anak yang patuh dan hormat kepada orang tua. Orang tua sangat ingin sekali anak-anaknya menjadi anak-anak yang soleh dan solehah, berguna bagi agama dan sesama. Kebanggan orang tua terletak di pundak kebanggaan sebagai anak.

Anak merupakan makhluk kecil yang unik dan spesifik, ingat anak juga manusia. Mereka dilahirkan ke muka bumi melalui ayah dan bunda, sudah pasti ada “maksud” dari Allah SWT. Anak adalah titipan Allah SWT, harus dipelihara sebaik-baiknya, dan pada saatnya nanti dikembalikan kepada sang Pemilik Allah SWT.

Ayah dan bunda yang berada pertama kali dilingkungan anak, harus bisa menjadi contoh untuk anak-anaknya. Anak ibarat seperti “spon”, mudah sekali menyerap sesuatu disekitarnya. Apa yang anak lihat, dengar, rasakan itu akan menjadikan pelajaran, yang akan dipergunakan sebagai pengalaman hidup dan diaplikasikan ke dalam kehidupannya kelak. Tidak peduli itu baik atau buruk, semuanya diserap ke dalam pikiran bawah sadarnya.

Orang tua yang baik, Ayah bunda yang bisa menjadikan dirinya idola untuk anak-anaknya. Apabila hal itu terjadi, akan sangat mudah bagi orang tua dalam mengasuh anak. Ingat Orang tua pernah menjadi seorang anak, tapi
seorang anak belum pernah menjadi orang tua. Dan pada saat orang tua mengasuh anak dimasa kecil, sebenarnya adalah mengajarkan mereka menjadi ORANG TUA.

Kang Iman
Praktisi Terapi/Konsultan Keluarga dari Bandung

Be the first to comment on "Jadilah Orang Tua Idola Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*