Budayawan Bekasi: Orang Barat Terancam Dengan Budaya Ciptaannya

Bekasimedia (13/02/15) – Abdul Khoir, Budayawan asal Bekasi mengatakan bahwa budaya Barat itu ancaman, “sebenarnya orang barat sendiri juga terancam dengan budaya yang dia ciptakan sendiri,” Ujarnya menanggapi berkembangnya budaya barat di Indonesia seperti Thanksgiving, Halowen hingga Valentine .

Abdul-Khoir-Bekasimedia

Valentine Day dan budaya barat lainnya ini memang beririsan dengan modernisasi. Kepada bekasimedia pada (13/02) lalu, Abdul Khoir menjelaskan bahwa modernisasi adalah cara pandang pada perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang diorientasikan pada kehidupan yang memudahkan.

“Tapi kemudian sangat beririsan dengan westernisasi kebarat-baratan. Di satu sisi kita memang tidak bisa melepaskan pengaruh barat yang begitu dahsyatnya,” Ujar Sekjen Bhagasasi ini.Lembaga yang menaungi masyarakat Bekasi.

Lebih lanjut Abdul Khoir menyarankan pemerintah harus membangun mentalitas. “Kembali ke mentalitas. Mentalitas urusan siapa? Urusan guru, urusan kita, urusan negara kira-kira begitu.“

Peroalan lain yang harus juga diperhatikan yaitu melindungi generasi muda dari fitur-fitur informasi yang ada di tangan kita. “Bagaimana kita mengeliminasi dampak negatif, saya kira jawabannya ada pada kita dan lingkungan terdekat kita,” pesannya budayawan yang juga dosen UNISMA ini. (yp)

Be the first to comment on "Budayawan Bekasi: Orang Barat Terancam Dengan Budaya Ciptaannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*