Kenali Tanda-Tanda DHF

Bekasimedia (12/02/15) – Hujan dengan intensitas tinggi sejak hari minggu (08/02), ternyata tidak hanya membuat banjir di beberapa kelurahan di Kota Bekasi, tapi juga memunculkan berbagai macam penyakit, diantaranya adalah
Demam Berdarah Dengue (DBD) atau dengue haemorrhagic fever (DHF).

Gejala apa saja yang muncul saat warga terkena Demam Berdarah ? Bidan senior di Rumah Sakit Mekarsari Bekasi, mengatakan bahwa tanda-tanda DHF sama seperti gejala infeksi virus biasa.

“Seperti demam lebih dari tiga hari, badan terasa sakit semua, mual atau muntah, lemas, keluar bintik-bintik merah di badan jika ditekan tidak keluar,” ujar ibu yang sudah memiliki tiga anak ini.

waspada-dbd-4-m-plusa2

Lebih lanjut Sarjana lulusan STIKES Bani Saleh ini menyarankan untuk pertolongan pertama pengidap DBD. “Karena Penyakit ini bersifat kumpuan gejala sesuaikan saja gejalanya. Bila demam, segera beri obat demam, yang terpenting cairan harus banyak. Tapi bukan air biasa, tapi air yang secepatnya bisa masuk ke dalam sel. Bisa berupa air ionic seperti pocari sweat atau air kelapa.”

Terakhir Bu Cucu berpesan, peran warga harus aktif untuk penanganan cepat. Bila tanda-tanda itu muncul warga bisa segera bawa ke balai kesehatan terdekat atau Puskesmas agar segera ditindak. (yp)

Be the first to comment on "Kenali Tanda-Tanda DHF"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*