Gundu, Permainan Zaman Dulu. Masih Ingatkah ?

Sebuah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca. Biasa dimainkan oleh anak laki-laki. Namun, anak perempuan juga terkadang suka memainkannya. Ukurannya bermacam-macam. Umumnya berdiameter 1/2 inci (1,25 cm) dengan warna-warni menarik. Kelereng namanya.

IMG-20150210-WA0006
Mainan ini sekarang jarang terlihat dimainkan anak-anak, padahal dahulu menjadi primadona. Kelereng bisa dimainkan dimana saja tanpa lapangan khusus. Ada dua tipe permainan saat memainkannya.

Yang pertama dengan membuat lingkaran diatas tanah. Masing-masing anak/pemain memasukan kelerengĀ  dengan jumlah yang sama kedalam lingkaran itu. Kemudian pemain melempar gundu (kelereng yang dijadikanĀ  alat untuk menghantam kelereng dalam lingkaran). Gundu terdekat lingkaran mendapat nomer urut pertama membidik kelereng dalam lingkaran. Gundu yang dibidik dan keluar menjadi milik pemain pembidik.

Yang kedua dengan membuat lubang kecil untuk memasukkan gundu ke dalamnya. Apabila pemain yang melempar lebih dekat dengan lubang. Maka pemain berhak jalan lebih dulu dan menembak gundu lawan.

Dulu permainan sederhana yang memiliki nilai edukatif ini sangat diminati. Nilai edukasi yang terkandung di permainan ini adalah mampu melatih fokus dengan ketepatan membidik. Serta rela berkorban untuk memberikan gundunya jika terbidik dan dikenai oleh gundu kawannya. Selain itu tentu saja interaksi anak dengan lingkungan luar rumah. (Paw)

Be the first to comment on "Gundu, Permainan Zaman Dulu. Masih Ingatkah ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*