Komunitas Sampah Kawanku: Pungut Sampah Itu Pekerjaan Mulia

Jpeg

Bekasimedia (08/02/15) – Ditengah guyur hujan di Jalan Ahmad Yani,Komunitas Sampah Kawanku mengajak warga Bekasi yang datang ke ajang Car Free Day (CFD), untuk menciptakan kebiasaan tukang sampah, “tukang sampah adalah anda yang membuang sampah pada tempatnya,” ujar salah satu pejuang komunitas Sampah Kawanku kepada bekasimedia (08/02).

 
“Ya, kita memperkenalkan warga Bekasi untuk buang sampah, yuk buang sampah. Kita ajak, kita tuntun, kita ajak masyarakat untuk terjun,” jelas Yuddi Prabowo salah satu pendiri komunitas Sampah Kawanku dalam aksi bertemakan “Satu Orang, Satu Hari, Pungut Sampah“.

 
Komunitas Sampah Kawanku berdiri karena keprihatinan persoalan sampah di Bekasi yang tidak ada habisnya. Menurut Yudi, hal ini bukan tugas dari pemerintah semata, tapi juga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat berbagai lapisan untuk membuang sampah pada tempatnya.

 
Atas dasar itulah Yudi, Yusuf dan rekan-rekan lainnya membentuk komunitas Sampah Kawanku. Komunitas Sampah Kawanku sendiri berdiri pada pertengahan Oktober 2014. Yudi mengatakan nama komunitas tersebut diambil agar masyarakat tidak merasa jijik dan menjadikan memungut sampah sebagai kebiasaan.

 
Kegiatan Sampah Kawanku ini sendiri melakukan aksinya setiap dua minggu sekali. Sampai saat ini anggotanya sekitar 50 orang. “*Base Camp* kita ya ini, di depan kantor BNI 46 saat CFD berlangsung,” Jelas Yudi.

 
Yudi berharap, Dinas Pendidikan Kota Bekasi mau ikut diajak kerjasama untuk sosialisasi mengenai sampah ke SMU-SMU di kota Bekasi. Tujuannya, agar sejak dini para pelajar menyadari betul pentingnya tidak membuang sampah 
sembarangan. (YP)

Be the first to comment on "Komunitas Sampah Kawanku: Pungut Sampah Itu Pekerjaan Mulia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*