Catering, Solusi Agar Anak Sekolah Tidak Jajan Sembarangan

catering

Bekasimedia (06/02/15) – Jajanan untuk anak-anak semakin bertambah jenis dan merk-nya setiap tahun. Berbagai variasi bahan makanan pun seolah tak pernah habis untuk diolah dan dikreasikan. Mulai dari makanan berat hingga cemilan.

Minimnya pengetahuan anak akan informasi mengenai zat-zat berbahaya di dalam jajanannnya, menjadikan ia melahap hampir semua jenis jajanan yang dilihatnya menarik dan enak di lidah. Padahal Belum tentu baik untuk pencernaannya.

Oleh karena itu, beberapa sekolah biasanya menyediakan tempat jajanan khusus di dalam sekolah dan makan siang yang sudah dipesan (catering). Hal ini berguna untuk meminimalisasi keinginan anak untuk jajan diluar tanpa pengawasan dan lupa atau malas makan siang.

Selain terjamin kebersihan tempat makanannya, catering juga biasanya memadukan sajian makanan empat sehat lima sempurna yang tetap dicocokkan dengan lidah anak-anak.

“Terjamin, bersih, sehat karena dari awal, sekolah sudah mendiskusikannya terlebih dahulu dengan komite atau perwakilan orangtua murid,” ujar Ririn (30) salah seorang guru SD yang ditemui Bekasimedia di sela-sela makan siangnya pada Jumat (06/02).

Di sisi lain, orangtua juga akan merasa terbantu karena beberapa anak di rumah biasanya tidak mau makan sendiri apalagi jika pola makan anaknya tidak menentu.

“Bagus ya. Memotivasi anak untuk mengenal variasi makanan. Tidak pilih-pilih dan mengajarkan anak untuk menghabiskan makanannya.” papar Ihda (32) seorang orangtua murid.

Di sisi lain, anak-anak juga menjadi terpacu untuk terbiasa makan siang sendiri tanpa harus memilih makanan yang hanya enak menurutnya.

“kadang pengin nambah, kadang juga nggak. Gimana menunya aja,” ujar Ayesha (9) kelas tiga SD.

Meskipun terjamin kebersihannya, sekolah harus tetap berhati-hati dalam memilih tempat memesan makanan untuk anak. Karena anak-anak mudah sekali terpapar bakteri atau kuman, jika kebersihan tempat dan makanan tidak dijaga. (anr)

Be the first to comment on "Catering, Solusi Agar Anak Sekolah Tidak Jajan Sembarangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*