Memotret Bekasi Dalam Slow Speed

Pernah melihat foto air terjun, air jatuh dari ketinggian, memperlihatkan tampilan putih juga terlihat embun dan nampak hidup ?

Pernah melihat foto dengan gambar pemandangan jalanan di kota besar pada malam hari, Foto jalan dengan deretan kendaraan bak cahaya lampu yang beriringan tanpa ujung ?

IMG_1398

Ya, itu adalah salah satu teknik dalam fotografi. Dunia fotografer menyebut teknik ini dengan istilah SLOWSPEED. Yang dimaksud teknik slow speed adalah memotret dengan bukaan shutter yang lambat/lama. Bukaan shutter yang lama akan mengakibatkan cahaya yang masuk ke sensor kamera lebih banyak. Efek yang didapatkan, Objek yang tertuang dalam foto menjadi terlihat dinamis.

Memotret Bekasi Dalam Slow Speed

IMG_1410

 

Persimpangan Jalan Raya Ahmad Yani dengan Jalan KH. Noer Ali dan Jalan M. Hasibuan bisa dibilang menjadi kawasan teramai di Bekasi. Di hampir semua sudut persimpangan ini terdapat mall-mall besar. Disinilah awal mula Bekasi modern tercipta. Meninggalkan deretan toko di pasar Proyek dan Jalan Juanda.

 

IMG_1404

Fotografer Adhy Syaefudin pemilik akun twitter @adhy_syaef yang juga warga Bekasi Timur, mencoba abadikan persimpangan itu dalam Slow Speed. Saat mobil-mobil berlalu lalang pulang ke peraduan atau memulai aktivitas malam, Ia naik ke jembatan penyeberangan yang menghubungkan sisi barat dan timur Jalan Ahmad Yani. Di jembatan itu ia memandangi jalanan dan mulai menghasilkan karya.

IMG_1424

Selamat menikmati. Inilah Bekasi dalam Slow Speed karya Adhy Saefudin. Sampai bertemu lagi dengan karya-karya tentang Bekasi dari Adhy berikutnya.
(dhy/eas)

2 Comments on "Memotret Bekasi Dalam Slow Speed"

  1. wow beautyfull…capture the light with lower speed.., amazing!

  2. Website nya sangat bagus dan banyak memberikan wawasan dan pengetahuan yang aktual…terus semngat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*