Kalangan DPR Kecam Iklan Irobot Di Malaysia

uploads--1--2015--02--79381-iklan-malayasia-kbri-malaysia-laporkan-fire-your-indonesian-maid-ke-polisi

Bekasimedia (04/02/15) – Iklan sebuah perusahaan asing di Malaysia yang menyudutkan pembantu rumah tangga asal Indonesia dinilai sangat merendahkan martabat WNI di luar negeri. Perwakilan RI di Malaysia harus bersikap tegas salah satunya dengan memanggil perusahaan tersebut.

“Jelas-jelas kalau lihat bannernya, itu sangat merendahkan WNI kita di Malaysia. Masa lebih bermartabat robot. Dubes RI di Kuala Lumpur sebaiknya panggil perusahaan itu,” ujar Anggota Komisi I Ahmad Zainuddin di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Zainuddin mengatakan, KBRI di Kuala Lumpur sebaiknya meminta penjelasan dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tentang maksud dari iklannya. Kalau perlu, lanjut dia, bukan hanya menyembunyikan bannernya, tapi menarik semua bentuk iklannya tentang IRobot.

Perusahaan tersebut, lanjut Zainuddin, seharusnya memahami psikologi WNI yang berada di Malaysia. Ada lebih dari 2 juta WNI yang mencari penghidupan di Malaysia, dan sebagian besarnya bekerja di sektor informal.

Iklan itu bisa membuat hubungan RI-Malaysia memanas kembali, karena iklan tersebut akan disalahpahami banyak orang.

14201513399

Anggota DPR lainnya, Rieke Diah Pitaloka ikut bereaksi. Rieke mengungkapkan reklame yang tertulis “Fire your Indonesian Maid” itu sangat mengganggu. “Entah apa yang tersirat dari pembuat iklan tersebut.

Apakah penggunaan kalimat semacam itu dianggap lumrah di Malaysia ?” Ungkap Rieke.

“Saya menilai kalimat tersebut mengandung muatan kebencian, perendahan, dan penghinaan terhadap Indonesia. Berbau “anti Indonesia”, dengan kata lain mengandung unsur rasial yang tidak bisa dalam etika tata pergaulan
internasional, berpotensi mengusik nilai-nilai kesepakatan HAM internasional,” pungkas Rieke di Jakarta (04/02).

Dalam website IRobot, diketahui kantor pusat Irobot berada di Bredfort, Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini juga memiliki kantor utama di beberapa negara semisal California, United Kingdom, China dan Hongkong.

Irobot sendiri memiliki kantor cabang di Malaysia dan beberapa negara lainnya Asia Tenggara, kecuali Indonesia. (*/eas)

Be the first to comment on "Kalangan DPR Kecam Iklan Irobot Di Malaysia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*