Pentingkah Pendidikan Seks Untuk Anak

Bekasimedia – (27/01/15), Pendidikan seks dapat dimulai sejak dini, karena pendidikan seks tidak hanya mencakup pada pertanyaan dan jawaban belaka.

Penting dikomunikasikan dan diajarkan kepada siswa-siswi secara baik dan bertanggung jawab sesuai dengan tahapan umur pada anak sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah.

IMG-20150128-WA0004

Hal ini disampaikan oleh kepala sekolah SDIT Nurul Fikri Bekasi Timur, Dian Renianti S.Ag di kantornya Jl. Jampang No 72 Jatimulya Bekasi Timur, saat disambangi bekasimedia. Dian mengacu pada banyaknya kasus penyimpangan seks yang terjadi akhir-akhir ini yang membahayakan anak-anak.

Dian melanjutkan, di sekolah yang ia pimpin, pendidikan seks sejak dini ini dikomunikasikan dengan pihak orang tua/wali murid di awal tahun pelajaran. Pengawasan dan penjelasan ketika KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung dan di luar KBM selama siswa-siswi berada di lingkungan sekolah, misalnya dalam kegiatan keputrian, mabit, pesantren ceria, dll.

“Pendidikan seks tidak dalam bentuk mata pelajaran akan tetapi diselipkan dalam materi pelajaran yang ada kaitannya, contoh : dalam mapel IPA ada materi tentang fungsi organ tubuh, dalam mapel PAI ada penjelasan tentang dilarang berdekatan atau bersentuhan kalau bukan muhrimnya, berlainan jenis tidak boleh berduaan, menjaga pandangannya, menutup auratnya,” tutur Dian.

Dian menambahkan, “selama siswa tersebut berada di lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab dan pengawasan kami, ketika di luar lingkungan sekolah kami serahkan kepada orang tua. Akan tetapi kami punya cara tersendiri dalam pengawasan secara tidak langsung melalui jejaring sosial FB, BBM, agenda kegiatan dalam buku penghubung, laporan dari teman, orang tua/masyarakat.”

“Alhamdulillah selama ini kami tidak memiliki kasus dan tidak melihat indikasi atau gejala yang terjadi pada anak didik terhadap perilaku penyimpangan atau pelecehan seksual. Namun demikian kami akan terus mengedukasi agar hal itu tidak terjadi,” tutup Dian di kantornya. (dns)

4 Comments on "Pentingkah Pendidikan Seks Untuk Anak"

  1. Wahh.. Bangga saya dengan komentar kepala sekolah saya.. Tapi kayanya namanya salah itu… Bukan ratna tapi dian hehehhe… Tolong di koreksi iaa buat redaksinya..

  2. yang kayak begini ne, penting

  3. meskipun begitu, pengawasan dari pihak keluarga harus tetap dilakukan

  4. Setuju karena kalo tidak diberi edukasi sangat berbahaya karena sangat mudah skrg akses film atau gmbar porno lwt media internet

Leave a comment

Your email address will not be published.


*