Waspada Penyakit Saat Hujan

Penyakit setelah hujan

 

Hujan yang akhir-akhir ini sering datang dengan intensitas tinggi, membuat sebagian masyarakat khawatir. Pasalnya, hujan yang terus menerus akan meninggalkan genangan air yang bisa menjadi pencetus penyakit. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir harus ekstra waspada akan penyakit yang bisa timbul.

Demam berdarah. Penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aides Agypte ini telah  banyak memakan korban, bahkan jiwa. Dimulai dari demam, sakita kepala dan timbul bercak/ruam merah pada tubuh. Orang yang terkena demam berdarah, harus mendapatkan penanganan yang serius agar tidak menjangkiti orang di sekillingnya. Untuk mencegahnya, jangan biarkan ada air yang menggenang di sekitar rumah. Karena, disitulah tempat berkembangnya nyamuk pembawa

Penyakit demam berdarah. Gatal-Gatal. Penyakit ini sering muncul di kawasan yang sering banjir. Karena,  masyarakat akan selalu bersentuhan dengan banjir. Air yang tergenang itu adalah percampuran antara air hujan dan air selokan yang jelas kotor. Tidak ada pilihan karena untuk terus beraktivitas mereka harus rela melewati banjir. Untuk mencegah gatal-gatal akibat banjir, segeralah mencuci kaki dengan sabun untuk menghilangkan kuman. Gunakan obat pengurang gatal dengan dosis secukupnya jika gatal-gatal terlanjur datang.

Yang terpenting dari semuanya adalah selalu jaga kebersihan. Pasca banjir segeralah membersihaan rumah dan lingkungan termasuk membuang semua genangan air agar tidak ada nyamuk yang bersarang. Jika rumah dan lingkungan sudah bersih, kita bisa meminimalisir datangnya penyakit. (ris)

Be the first to comment on "Waspada Penyakit Saat Hujan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*