Perpustakaan Ungu: Cara Cerdas Menarik Minat Baca Siswa

Bekasi Media- Perpustakaan menjadi bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan formal bernama sekolah. Desain interior yang unik, tempat membaca yang nyaman serta koleksi buku yang lengkap menjadi tiga hal penting yang mengokohkan eksistensi sebuah perpustakaan sekolah.

Perpustakaan di sekolah dasar, idealnya merupakan tempat yang disukai anak-anak. Karena mendekatkan anak-anak usia sekolah dasar pada buku sudah barang tentu merupakan hal yang sangat baik.
Membaca buku, selain bermanfaat untuk mengasah konsentrasi anak, juga bisa membuka wawasan anak akan banyak hal.

Salah satu contoh perpustakaan yang cukup unik adalah perpustakaan SDIT Ramu di Jalan Monitor, Kelurahan Jatimakmur. Perpustakaan yang disulap menjadi ruangan serba ungu tersebut memberi kesan sebagai rumah boneka atau rumah barbie di mata guru dan siswa yang memasukinya.

“Pemilihan warna ungu untuk ruang perpustakaan agar lebih menarik perhatian seluruh siswa, meskipun warna ungu cenderung disukai oleh sebagian siswa puteri, biar tampil beda dengan ruangan-ruangan lainnya yang sudah berwarna-warni. Setiap tahun, sekolah ini selalu berusaha mengadakan pembaharuan-pembaharuan yang bertujuan meningkatkan minat baca.

Cooperation
Alhamdulillah, sejak tata ruang perpustakaan baru, minat baca siswa semakin meningkat. Mungkin siswa-siswi tersebut sudah terpengaruh dengan program sekolah yaitu kegiatan membaca setiap hari Kamis.” ungkap Leni
(40) sang Pustakawati.

Adanya pendingin ruangan serta koleksi buku yang cukup lengkap membuat anak-anak tertarik untuk masuk dan membaca. Bisa sambil tidur-tiduran, duduk bersandar. juga bisa sambil duduk lesehan menghadap meja.

“Suka. Baca buku di perpus biasanya dua kali seminggu. Aku suka warna ungu. Terus ruangannya juga enak. Lebih enak duduk lesehan daripada di kursi.” Demikian diungkapkan salah satu siswi kelas enam bernama Tsabitah
(11).

Saat ditanya mengenai buku yang sering dibacanya, Tsabitah mengaku suka membaca buku apa saja. Tapi lebih banyak punya novel di rumahnya.

Di sinilah fungsi perpustakaan sekolah yang sesungguhnya. Membangun minat baca anak dari dalam dengan cara yang menyenangkan. (anr)

Be the first to comment on "Perpustakaan Ungu: Cara Cerdas Menarik Minat Baca Siswa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*