Potensi Remaja Kota Bekasi Dan Peranannya Dalam Pembangunan

Ungkapan yang sering muncul dalam masyarakat, bahwa miniatur sebuah bangsa bisa di lihat dari potret remaja hari ini. Kesiapan pergantian generasi dari tua kepada yang muda mesti terjadi, begitu juga dalam tataran pembangunan kota Bekasi.

Foto : YP

Kota Bekasi yang mempunyai visi “Bekasi Maju Sejahtera dan Ihsan, dalam situs resminya www.bekasikota.go.id menyatakan bahwa “Bekasi Sejahtera” menggambarkan derajat kehidupan warga Kota Bekasi yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, terbukanya kesempatan kerja dan berusaha, serta lingkungan fisik, sosial dan relijius sebagai bentuk perwujudan masyarakat yang sejahtera.

Disisi lain, Bekasi sebagai daerah penyangga ibukota, mempunyai dampak langsung terhadap budaya dan gejolak sosial yang terjadi di ibu kota. Dalam hal ini, aspek pendidikan menjadi perhatian penting, maka perhatian kepada
remaja dari Pemkot harus cukup bagus.

OSIS atau yang menjadi corong kaderisasi kepemimpinan di sekolah harus menjadi perhatian Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Sejauh ini, perhatian Dinas Pendidikan sudah cukup bagus dengan menjadi fasilitator lahirnya Komunitas Jejaring Kepemimpinan OSIS tingkat Kota Bekasi, yang di singkat menjadi IKOSI atau Ikatan Osis Se Kota Bekasi.

Kenapa Osis harus mendapat perhatian lebih ?

Pertama, hanya OSIS sebagai lembaga resmi Intra sekolah. Kedua, relatif panjang dalam usia pembelajaran, berharap selepas SMA bisa dilanjutkan latihan kepemimpinannya ke jenjang perguruan tinggi.

Dalam proses mengisi pembangunan Kota Bekasi, pelajar yang tergabung dalam OSIS harus belajar mewarnai kondisi sosial masyarakat. Jika selepas lulus dari sekolah atau kuliah, berharap mereka siap menjadi bagian dari masyarakat yang membangun Kota Bekasi dan turun di berbagai bidang.

Sehingga visi kota Bekasi yang sejahtera dapat terwujud.

Syamsudin
Pemerhati masalah remaja dan pemuda
Tinggal di Pondok Gede

Be the first to comment on "Potensi Remaja Kota Bekasi Dan Peranannya Dalam Pembangunan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*