Vertical Garden, Solusi Buat Yang Tidak Punya Lahan

shutterstock_1432974972

Gerakan menanam pohon telah sering dikampanyekan kementerian lingkungan hidup maupun pemimpin daerah, termasuk juga gubernur Jawa Barat dan walikota Bekasi. Lalu bagaimana seandainya keinginan menanam pohon begitu kuat tapi tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk ditanami, atau bahkan tidak memiliki lahan sama sekali untuk dijadikan sekedar taman kecil, karena tinggal di rumah kecil dengan akses jalan yang sempit. Areal tanah yang dimiliki habis semuanya tertutup semen ?

Siapa yang tidak suka taman? Sebuah area yang asri yang ditumbuhi tanaman-tanaman hijau yang menyegarkan pandangan. Bagi Anda yang menginginkan taman namun terkendala dengan lahan, maka vertical garden bisa menjadi solusinya.

Vertical garden adalah konsep baru dari penataan sebuah taman. Biasanya vertical garden memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol air mineral sebagai medianya. Taman model ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat taman.

Yang perlu disiapkan adalah botol-botol bekas. Anda bisa memotongnya agar tanah dan tanaman yang akan ditanam mudah dimasukkan. Tanamlah tananan yang serupa dalam satu vertical garden milik Anda agar terlihat lebih indah. Kemudian, gunakan tali untuk merangkai tiap botol. Setelah itu, gantung pada tempat yang Anda inginkan. Anda bisa memanfaatkan dinding teras untuk membuat vertical garden.

Solusi yang mudah, bukan? Selain Anda turut berpartisipasi mengurangi sampah dengan memanfaatkan barang-barang bekas, rumah pun akan terlihat lebih cantik dan asri. Selain itu, anda juga telah berpartisipasi dalam program pemerintah. (ris)

Be the first to comment on "Vertical Garden, Solusi Buat Yang Tidak Punya Lahan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*