Ceremai, Samudera Awan Di Langit Timur Jawa Barat

image

Samudera awan membanjiri puncak tertinggi Jawa Barat. Matahari yang seolah terbit dari hamparan awan yang membanjiri langit Cirebon, memanjakan mata setiap yang melihatnya. Indonesia memiliki rangkaian pegunungan yang menjulang dari Sabang hingga Merauke. Dan keindahan tersebut salah satunya dapat kita nikmati di Jawa Barat.

Adalah gunung Ceremai yang berlokasi di kabupaten Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat,  Ceremai menyimpan keindahan di dalamnya. Gunung berapi ini memiliki kawah bekas letusan yang berada di tengahnya dengan memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m.

Untuk mencapai puncak, terdapat tiga jalur yang bisa dilalui. Jalur Linggarjati, Palutungan, dan Apuy. Namun, untuk pecinta alam yang menyukai tantangan mereka lebih memilih untuk melewati jalur Linggarjati, sebuah daerah yang mengingatkan kita pada salah satu peristiwa perundingan Indonesia-Belanda.

image

Dengan melalui trek terkenal bernama Bapa Tere. Sebutan sebuah pos yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk melewatinya. Bapa Tere sendiri adalah kata dalam bahasa Sunda yang berarti bapak tiri. Dinamakan bapa tere, mungkin karena jalur ini sarat dengan keganasan. Melewati jalur ini dibutuhkan kesabaran karena panjangnya perjalanan.

Semua lelah dapat terbayar ketika sampai di puncak karena kita dapat memandang keindahan kota Cirebon dari balik awan di puncak tertinggi Jawa Barat, 3078 Mdpl. (paw)

Be the first to comment on "Ceremai, Samudera Awan Di Langit Timur Jawa Barat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*