Inilah Yang Harus Diketahui Pemotor Saat Musim Hujan

safety_riding_campaign_by_sechazz-d3hobesBekasimedia – Selasa (13/01/2015), Musim penghujan telah tiba, kondisi jalan yang licin dan potensi menurunnya daya tahan tubuh kita bisa berakibat buruk untuk keselamatan berkendaraan.Apa saja yang harus di perhatikan saat musim hujan khususnya untuk karyawan yang menggunakan kendaraan sepeda motor? Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui pemotor saat musim hujan :

– Penuhi kelengkapan ‘Safety Ride’ anda, ini menjadi hal paling penting bagi seorang pengendara.Perlengkapan berkendara bukan sekedar helm dan jaket saja, penggunaan sepatu dan sarung tangan yang baik menjadi keharusan.

– Periksa sistem pengereman sepeda motor, pastikan pengereman depan dan belakang berfungsi dengan baik.Kontrol kecepatan laju kendaraan, Saat hujan, material debu dan kotoran akan bercampur dengan air, sehingga menyebabkan jalan semakin licin. Pada kondisi ini, ban dan rem sulit mendapatkan cengkraman. Cara terbaik adalah meontrol laju kendaraan Anda.

– Periksa lampu-lampu sepeda motor dan pastikan berfungsi karena sangat bermanfaat saat hujan.

– Hindari penggunaan ban yang sudah melewati batas TWI (Tread-Wear Indicators/ban sudah botak), hindari penggunaan ban semi-slick dan penggunaan berlebihan zat-zat kimia pada ban seperti : oli, silicon dan zat kimia lainnya.

– Hindari permukaan licin, Galian jalan seringkali ditutup sementara menggunakan lempengan baja. Tak seperti aspal, ban tidak dapat mencengkram permukaan ini. Permukaan licin lainnya adalah marka yang berada di jalan. Saat hujan sebaiknya hindari melewatinya. Jika terpaksa perlambat kendaraan sebelum melewatinya.

– Persiapkan jas hujan di sepeda motor sehingga ketika hujan kita tetap dapat berkendara, pastikan jaket hujan yang anda miliki nyaman untuk dipakai.

– Hindari berkendara di belakang mobil, jika terpaksa berkendara di belakang mobil, pastikan mengambil jarak cukup jauh dan berada di posisi salah satu ban. Jika mobil di depan mengerem mendadak, akan ada cukup ruang untuk bermanuver, sehingga risiko tabrakan dapat diminimalisir.

– Hindari multitasking.Saat hujan, anda perlu berkendara ekstra hati-hati. Melakukan aksi secara bersamaan seperti mengerem saat belok berisiko ban jadi selip. Ada baiknya lakukan tindakan secara berurutan. Sebagai contoh, gantilah gigi sebelum membelok, berakselerasi setelah membelok, atau mengerem sebelum membelok.

– Taati rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan karena peluang terjadinya kecelakaan lebih besar dibandingkan saat kondisi kering

– Berteduhlah di tempat aman jika hujan terlalu deras dan menghalangi pandangan Anda atau petir mengancam jiwa. Parkir sepeda motor Anda di tempat aman dan tidak mengganggu para pengguna jalan lainnya.

Semoga beberapa tips tersebut bisa menambah wawasan kita akan pentingnya keselamatan saat berkendaraan. (mk)

Be the first to comment on "Inilah Yang Harus Diketahui Pemotor Saat Musim Hujan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*