Uniknya Suasana Maulid Nabi di Aceh

Aceh – Peringatan maulid nabi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh kaum muslimin dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW dan memupuk kecintaan kepada beliau dalam meneladani sunah-sunahnya.

Biasanya diisi dengan kegiatan pengajian, tausiyah dan salawatan.Tidak menutup kemungkinan cara dan tradisi maulidan (penyelenggaraan kegiatan maulid nabi) yang dilakukan tiap daerah di Indonesia berbeda-beda, termasuk di Aceh.

Di Aceh maulidan sangat meriah, seru dan terbilang unik, hampir setiap rumah (terutama orang kaya) menggelar acara maulid nabi dengan mengundang tetangga dan kerabat utk makan bersama di rumahnya.

Suasana maulid nabi seperti ada orang yang sedang menggelar pesta nikah di rumah mereka masing-masing.

Selain itu, di masjid-masid juga diadakan makan bersama orang sekampung, diisi dengan tausyiah yang betkaitan dengan kenabian Muhammad SAW.

Uniknya lagi, perayaan maulid nabi di Aceh sampai dengan 100 hari.Lebih dari 3 bulan ada suasana maulid nabi di Aceh.

Jadi tidak setiap rumah dan masjid memperingati maulid nabi tepat di hari ini, besok hingga 3 bulan ke depan, orang Aceh secara bergiliran akan memperingati maulid nabi di masjid lingkungan mereka atau di rumah mereka masing-masing.

Uniknya Suasana Maulid Nabi di Aceh :

1. Setiap rumah (terutama orang kaya) mengundang tetangga dan kerabat untuk makan bersama di rumahnya, suasana rumah mendadak ramai seperti ada acara pernikahan. Di masjid setiap lingkungan juga menggelar makan bersama diiringi tausyiah yang berkaitan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

2. Maulid Nabi diperingati sampai 100 hari. Tidak semua orang Aceh memperingati Maulid Nabi tepat di hari kelahiran Nabi. Ada yang baru memperingatinya sampai tiga bulan ke depan. Jadi, suasana Maulid Nabi tetap terasa setiap harinya selama tiga bulan karena hampir setiap hari akan ada kampung/desa/komplek atau secara pribadi di rumah seseorang yang mengadakan peringatan Maulid Nabi.

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad, SAW. Semoga kita bisa jadi pendamping (duduk di sebelah beliau) saat di surga nanti, aamiin…(safrianto)

(Posted by : mk)

Be the first to comment on "Uniknya Suasana Maulid Nabi di Aceh"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*