Mengapa Disebut Makanan Junkfood ?

7863_junk_food_wisatakuliner_com_777x325Banyak orang yang menganggap makanan junk food itu tidak sehat. Banyak juga yang menyamakan antara makanan-makanan fast food sama dengan makanan junk food. Makanan junk food sering disebut juga dengan makanan sampah. Beberapa contoh makanan yang sering dikategorikan sebagai junk food antara lain french fries, burger, pizza, dan lain-lain. Mengapa makanan ini dikategorikan sebagai junk food?

Pertama, makanan dapat dikategorikan sebagai makanan junk food jika memiliki kandungan gizi yang sedikit. Walaupun kandungan kalorinya sama, tetapi makanan junk food memiliki kandungan gizi yang tidak lengkap, terutama kandungan vitamin dan mineral. Kedua, makanan juga dapat dikategorikan sebagai junk food jika menimbulkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Makanan junk food biasanya mengandung lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi. Mengonsumsi lemak yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari, misalnya kolesterol dan penyakit jantung koroner. Sedangkan konsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes mellitus. Selain itu, makanan junk food biasanya mengandung garam yang tinggi. Konsumsi garam yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit darah tinggi.

Ciri makanan junk food lainnya adalah dari cara pengolahannya. Makanan junk food biasanya disajikan dengan sangat cepat (fast food) dan umumnya menggunakan teknik menggoreng deep frying. Deep frying merupakan salah satu cara untuk menyajikan makanan dengan cepat. Makanan yang diolah dengan deep frying biasanya mengandung lebih banyak minyak didalamnya.(mk/slasar)

Be the first to comment on "Mengapa Disebut Makanan Junkfood ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*