Banjir di Sebagian Wilayah Aceh, KSDA Turun Berikan Bantuan

KSDA

KSDA

Sejak 22 Desember 2014 lalu, sebagian wilayah provinsi aceh sperti kabupate Aceh utara, Aceh Selatan, dan ibukota Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh terendam banjir akibat hujan yang terus-menerus turun dengan curah yg tinggi.

Banjir ini mengakibatkan beberapa lokasi seperti ibukota Kabupaten Aceh Utara, kota Lhoksukon dan beberapa desa di Kecamatan di Aceh utara terisolir, lokasi banjir tidak bisa ditembus menggunakan kenderaan kecil seperti sepeda motor, hanya mobil berkapasitas tinggi seperti truck pengangkut yg dapat melintasi lokasi banjir

Ini merupakan bencana alam besar di Aceh sepanjang 2014, ironisnya terjadi pada akhir tahun, saat masyarakat Aceh sedang memperingati 10 tahun terjadinya gempa dan tsunami.

43bd5280ee318004a994d7b5aa756febPada Kamis (25/12) Komunitas Solidaritas Du’afah Aceh (KSDA) menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Aceh Utara. Bantuan tersebut berupa bahan makanan pokok seperti beras, mie instan, dan telur untuk dikonsumsi warga di beberapa Desa yang terisolir. KSDA juga menyerahkan bantuan pakaian layak pakai.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum KSDA, H. Akmal Hanief, Lc didampingi oleh Ketua KSDA Lhokseumawe, Amad Dani dan belasan anggota KSDA Lhokseumawe lainnya. Menurut pantauan Tim KSDA, saat ini bantuan kepada masyarakat korban banjir masih minim, belum ada lembaga pemerintah yang memberikan bantuan ke lokasi Desa yang terkena banjir dan sudah terisolir.

Perjalanan KSDA ke lokasi bencana penuh dengan cerita sedih melihat kondisi para korban yang memprihatinkan. KSDA memulai perjalanan dari Kota Lhokseumawe menuju kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara pada siang hari, saat menempuh perjalanan tersebut, Tim KSDA menyewa satu mobil truck pengangkut bantuan. Sebelum Tim KSDA sampai ke lokasi penyerahan bantuan, Tim KSDA melewati empat Desa di Kecamatan Pirak Timu yang sudah terisolir.

Mobil yang disewa oleh Tim KSDA tidak bisa melewati empat Desa tersebut hingga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama satu jam. Untuk mengangkut bantuan, Tim KSDA kembali menyewa mobil truck lainnya yang lebih besar agar bisa melewati Desa-desa yang sudah tenggelam tersebut.

Sepanjang perjalanan yang dilewati Tim KSDA, warga terlihat berusaha keluar dari Desa mereka yang telah tenggelam dengan banjir yang tingginya sekitar 1,5 meter, tapi warga juga warga yang terlihat kebingungan saat keluar dari rumah karena tidak tahu arah tujuan mengingat Desa lain yang ada di sekitar juga terendam banjir. Saat Tim KSDA melewati beberapa Desa tersebut, ada warga yang melambaikan tangan meminta bantuan kepada Tim KSDA untuk diselamatkan.

Di desa lainnya, Tim KSDA melihat warga yang sudah pasrah dengan keadaan, mereka hanya duduk terdiam di atas persawahan yang lebih tinggi (tidak terkena banjir) dan melihat kondisi rumah mereka yang terkena banjir. Dalam perjalanan tersebut, KSDA juga sempat berbagi bekal makan siang untuk korban banjir karena mereka sudah kelaparan dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi selain menunggu bantuan yang tak kunjung datang.
Saat perjalanan pulang dari lokasi banjir, Tim KSDA juga bertemu dengan warga yang kelihatan sudah frustasi menghadapi bencana banjir, ada Ibu yang menggendong anaknya dalam kondisi yang memperihatinkan dengan pakaian seadanya. Ada juga warga yang lumpuh, tidak bisa berjalan, hanya bisa duduk merenung di rumahnya yang sudah tergenang banjir.

Sampai tanggal 27 Desember kemarin, bantuan untuk korban banjir sudah mulai berdatangan dari berbagai pihak seperti dari tim SAR, TNI-POLRI, dan pihak swasta.

Bantuan dari Tim KSDA diterima oleh salah seorang Pejabat Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara yang bermukim di salah satu Desa yang juga terkena banjir. Saat ini para korban banjir sangat membutuhkan bantuan evakuasi dari desa mereka ke tempat yang aman dari banjir dan mereka juga memerlukan bantuan berupa makanan,dan pakaian layak pakai.(mk/safriantoSML)

Laporan Akmal Hanief, Lc (Ketua Umum KSDA), Lhokseumawe, 26 Desember 2014 (Posted by : mk)

Be the first to comment on "Banjir di Sebagian Wilayah Aceh, KSDA Turun Berikan Bantuan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*