Fitness adalah Gaya Hidup untuk Seumur Hidup

FitnessMungkin membaca judulnya terasa sedikit menyeramkan dan membuat malas untuk Fitness, namun jangan khawatir, dalam tulisan kali ini saya akan coba share aktifitas apa saja yang masuk dalam rangkaian program Fitness.

Saat mendengar kata Fitness yang tergambar oleh sebagian besar orang adalah barbell, dumbell, otot besar, six pack dan Ade Rai. Padahal barbell, dumbbell hanyalah sebagian kecil dari aktifitas fitness dan otot besar, six pack hanyalah sebagian kecil dari efek positif aktifitas fitness.

Sesuai dengan makna secara bahasa, fitness berarti kebugaran, maka tujuan dari seluruh rangkaian aktifitas fitness hakekatnya adalah kebugaran, sedangkan body builder (bina raga) dan fat loss (melangsingkan badan) adalah aktifitas fitness yang meiliki kekhususan program, sehingga ada tambahan goal selain kebugaran.

Dari beberapa literature yang pernah saya baca, aktifitas fitness meliputi seluruh aspek dalam gaya hidup sehari hari, antara lain : latihan beban, latihan cardio, pola makan, pola istirahat dan pola hidup. Mungkin masih banyak faktor lain yang belum saya tulis, namun menurut saya hal-hal lain tersebut bisa dimasukan dalam lima kategori di atas.

Latihan Beban

Ini adalah yang paling umum dan tergambar pada aktifitas fitness, tujuan utama dari latihan beban adalah melatih (dalam bahasa ekstrimnya adalah merusak otot) dengan beban maksimum untuk selanjutnya otot akan recovery dan re-develop membentuk jaringan otot baru dengan ukuran dan kekuatan yang lebih besar dari beban yang terakhir di angkat. Inilah merupakan system dalam tubuh yang sangat luar biasa, tubuh menyiapkan kondisi untuk menghadapi tingkat kesulitan selanjutnya.

 

Cardio

Ini adalah sesi latihan yang melatih aktifitas jantung, dengan aktifitas jantung inilah akan memacu metabolisme tubuh, dan akan melancarakan supply darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seuluruh tubuh, tubuh akan merasa segar dan bugar. Dalam beberapa literature, bahwa pada irama jantung (heart rate) tertentu akan dimulailah proses pembakaran lemak, disaat energi dari gula darah telah habis, maka lemak akan digunakan untuk memberikan energi.

 

Pola Makan

Hidup rutin dan teratur berolahraga, baik latihan beban maupun cardio, jika masih dengan pola makan sembarangan, semua makanan masuk ke mulut dan perut, jangan berharap tubuh anda akan bugar, you are what you eat. Jika ingin bugar mulailah melakukan seleksi makanan apa yang akan kita masukan ke dalam mulut dan untuk diolah oleh perut, jangan bebani tubuh dengan berbagai racun dan zat lain yang berat untuk diolah dalam sistem pencernaan, makanan sehat adalah makanan yang mudah diproses dalam pencernaan, air putih, buah dan sayuran adalah yang paling mudah dicerna, namun tetap seimbang pula dalam asupan karbohidrat dan protein. Saya tak bahas panjang lebar kategori makanan sehat dan makanan sampah, ini sudah sangat umum.

 

Pola Istirahat

Jangan siksa tubuh anda dengan berbagai aktifitas, namun jangan lupa untuk berikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh anda, berikan kesempatan tubuh untuk self healing dan juga untuk berkembang, penuhi hak tubuh anda dengan pola istirahat yang berkualitas. Otot berkembang bukan pada saat anda latihan beban di Gym, namun otot berkembang saat anda istirahat di tempat tidur.

 

Pola Hidup

Ini adalah hal yang sangat kompleks, hidup ini adalah komprehensif, semua aspek hidup harus kita jalankan dengan seimbang, hidup dengan menjalankan ajaran Agama yang taat, dengan kasih sayang dalam keluarga, interaksi sosial yang baik dengan sesama, hal tersebut akan membuat hati dan perasaan menjadi nyaman, sehingga hidup pun menjadi tenang, kesehatan pasti akan terjaga dengan baik, dan pasti akan lebih bugar menghadapi hari.

Dari lima hal yang saya sampaikan di atas, banyak metode dan cara dalam penerapannya, kombinasi antar kelimanya pun banyak metode, misal kombinasi antara latihan beban dan cardio ada banyak metode yang mengatakan mana yang lebih baik. Begitu pula dengan metode pola makan, saat ini sangat banyak metode Diet yang mengatakan metode ini yang terbaik. Namun bagi saya apapun metodenya, yang terpenting adalah konsistensi dalam menjalankan metode ini, karena pola hidup sehat ini seyogyanya dilakukan seumur hidup kita, karena kita ingin bugar seumur hidup kita. Maka pilihlah dan lakukanlah metode yang paling mudah dan nyaman bagi anda. (dhy)

Be the first to comment on "Fitness adalah Gaya Hidup untuk Seumur Hidup"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*