Menu Sarapan Berat, Sebabkan Penimbunan Lemak

Menu-makan-berat-bekasimediaTulisan ini merupakan tulisan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul “tidak sarapan bisa bikin gemuk”. Saya ingatkan kembali bahwa di pagi hari setelah bangun tidur perut kita dalam kondisi kosong, kandungan gula dalam darah sangat rendah, hal inilah yang menjadi trigger timbulnya rasa lapar.

Lapar disebabkan oleh kandungan gula darah yang menurun, maka untuk menghilangkan rasa lapar harus mengembalikan kadar gula darah ke nilai seimbang. Namun jika gula darah meningkat dalam waktu singkat dan tidak segera digunakan sebagai sumber energi untuk beraktifitas maka untuk menjaga keseimbangan, tubuh segera memproduksi insulin dari pankreas yang akan merubah gula darah menjadi lemak sebagai cadangan energi.

Inilah yang menjadi perhatikan, jika kita tidak ingin bertambahnya lemak dalam tubuh karena sarapan, jangan memilih menu sarapan yang menyebabkan naiknya kandungan gula darah secara mendadak. Menu sarapan yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah mendadak adalah makanan/minuman manis dan juga karbohidrat sederhana, keduanya memiliki nilai GI (Glikemik Index) tinggi, yang artinya makanan/minuman ini akan sangat cepat dirubah menjadi gula darah.

Dengan demikian di pagi hari sebaiknya kita tidak meminum teh manis, susu manis, atau minuman lain yang bercita rasa manis. Minuman manis memang sangat cepat menghilangkan rasa lapar dan memberikan efek segar bertenaga, hal ini terjadi karena minuman manis berubah menjadi gula darah dengan sangat cepat, namun ingat kenaikan gula darah mendadak akan berpotensi menambah tumpukan lemak di tubuh anda. Sebagai gantinya, cukup konsumsi air putih di pagi hari atau susu bebas gula (tawar).

Karbohidrat sederhana adalah makanan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu nasi goreng, nasi uduk, bubur ayam, ketoprak, roti manis isi, dll. Karbohidrat jenis ini juga sangat cepat menghilangkan rasa lapar dan memberikan energi instan. Namun harus kita ingat bahwa karbohidrat jenis ini sangat cepat dirubah menjadi gula darah dan kenaikan gula darah mendadak akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

Untuk mencegah penumpukan lemak, pilihlah menu sarapan yang dapat menghilangkan rasa lapar dan menjadi sumber energi dengan proses perubahan menjadi gula darah terjadi secara bertahap (tidak mendadak), makanan jenis ini sering dikenal dengan makanan dengan nilai GI (Glikemik Index) yang rendah. Makanan jenis ini akan memberikan efek kenyang yang bertahap, namun juga akan menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga tidak cepat merasa lapar kembali.

Menu makanan yang bisa menjadi alternatif sarapan sehat adalah Roti Gandum, Beras Merah, Oatmeal, dan makanan lainnya yang termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks. Selain itu juga bisa pilih makanan dari jenis protein, baik nabati maupun hewani, dan pilih dengan proses pengolahan rebus, kukus atau panggang daripada digoreng.

Dan menu sarapan terbaik tentunya adalah dari jenis buah-buahan segar karena buah sangat ringan dicerna oleh tubuh, dan tentunya kandungan gula alami yang tidak terlalu tinggi, akan memberikan efek kenyang, namun tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara mendadak.

Selamat mencoba menu sarapan sehat, sehat adalah yang utama, langsing adalah efek samping.

@adhy_Syaef

Be the first to comment on "Menu Sarapan Berat, Sebabkan Penimbunan Lemak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*