Tahukah Anda! Sit-Up Tidak Dapat Mengecilkan Perut

Sit-up-bekasimediaSepintas judul di atas sangat kontroversi, namun untuk menghilangkan kebingungan, mari kita ingat tentang lemak di tubuh, lemak merupakan cadangan energi yang disimpan dalam tubuh, penimbunan lemak terjadi karena kalori yang masuk dari makanan lebih besar dibandingkan dengan kalori yang dibutuhkan untuk beraktifitas.

Sesuai dengan pengertian di atas bahwa lemak adalah cadangan energi, dan cadangan hanya akan digunakan jika sumber energi utama sudah habis atau menipis, untuk dapat menghabiskan sumber energi utama dengan cepat adalah dengan melakukan aktifitas berat yang membutuhkan energy besar, angkat beban di Gym adalah salah satu contoh aktifitas yang membutuhkan energi besar.

Dalam kegiatan angkat beban, gerakan yang membutuhkan energy paling besar adalah gerakan yang melatih bagian tubuh yang dibangun oleh otot besar, menurut Ade Rai yang termasuk dalam kategori otot besar antara lain adalah punggung (trapezius, latissimus dorsi, teres major, teres minor, rhomboid, thoracolumbar facia) , bahu (deltoid), kaki (quadriceps, hamstring) dan dada (pectoralis major, pectoralis minor) Sedangkan yang masuk dalam kategori otot kecil adalah betis, trisep, bisep, dan perut.

Dengan demikian ternyata otot perut masuk dalam kategori otot kecil, sehingga tidak dibutuhkan energi yang relative besar untuk membakar lemak, bahkan tidak cukup besar untuk membakar sumber energi utama berupa gula dalam darah. Sampai di sini semoga semakin jelas, kenapa jika hanya Sit-Up saja tidak akan bisa mengecilkan perut atau memangkas lemak di perut. Sejatinya sit-up adalah gerakan untuk melatih otot perut, bukan membakar lemak di perut.

Untuk mengecilkan perut merupakan proses yang kompleks, bahkan di Gym sekalipun, mereka yang telah lama berlatih, belum tentu memiliki perut yang ramping, banyak dijumpai di gym orang yang bertangan besar (bisep dan trisep) namun dengan bentuk perut yang masih buncit, hal ini terjadi karena untuk mendapatkan perut yang ramping bebas lemak perlu memperhatikan beberapa hal selain latihan Sit-Up, hal ini meliputi pola latihan, pola makan, dan pola hidup sehat.

Pola latihan yang tepat, dengan komposisi latihan beban untuk membakar sumber energi utama dan dilanjut dengan latihan cardio akan mempercepat proses pembakaran lemak. Pola makan tentu dengan komposisi nutrisi yang seimbang antara karbohidrat,  protein dan serat berupa sayuran serta buah, tidak lupa juga konsumsi air putih yang cukup (lebih dari 2 liter per hari). Pola hidup adalah dengan istirahat yang cukup dan menjaga kesegaran dalam berfikir akan sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh. (dhy)

Be the first to comment on "Tahukah Anda! Sit-Up Tidak Dapat Mengecilkan Perut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*