Rahasia Sukses Xiaomi, Merek Ponsel Dari Negri Tirai Bambu

Bekasimedia – Jika dilihat dari usianya, Xiaomi baru di dirikan pada tahun 2010.Tapi diusianya yang masih sangat belia, merk smartphone asal negri tirai bambu ini mampu bertengger di ranking ke-3 dunia setelah Apple dan Samsung.

Apa rahasia di balik kesuksesan Xiaomi yang luar biasa ini ?

“Xiaomi adalah model smartphone Android yang bergerak secara liar. Jutaan unit terjual karena mereka melakukan pendekatan online dan ke operator secara intensif,” kata analis Strategy Analytics Woody Oh.

Tentu saja bukan semata-mata ponsel murah yang Xiaomi tawarkan. Ada beberapa alasan, mengapa pada akhirnya Xiaomi begitu dipuja.

*Merekrut karyawan berprestasi

Xiaomi berhasil merekrut karyawannya yang merupakan mantan orang penting di dua raksasa software Microsoft dan Google.

Bahkan mereka berhasil menggaet Hugo Barra, mantan Vice President Google yang juga bos Android.Ini sangat penting dalam proses pengembangan bisnis Xiaomi di masa yang akan datang.

*Menciptakan MIUI sebagai interface

MIUI adalah antarmuka Android pada perangkat smartphone Xiaomi.Sebuah program yang khusus di kembangkan oleh Xiaomi berbasis Android.Ini merupakan nilai unik dari sebuah smartphone android biasa.

MIUI memiliki fitur-fitur yang cerdas dan desain yang menarik, selain itu MIUI akan selalu diupdate secara mingguan dan melibatkan langsung para pengguna.

“Saya sangat bangga dengan pekerjaan yang luar biasa kalian lakukan dengan MIUI. Xiaomi adalah pendukung Android besar dan merupakan bagian yang sangat penting dari ekosistem Android di China. Sekarang saya percaya seluruh dunia siap untuk belajar dari Xiaomi,” puji Hugo Barra.

Konon, hanya dibutuhkan empat tahun untuk bertumbuh dari 100 pengguna MIUI pertama hingga mencapai angka 70 juta menurut pendiri sekaligus Presiden Xiaomi, Lin Bin.

*Harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni

Bandingkan spec Xiaomi Redmi 1s dengan merk smartphone lain, kemudian bandingkan dari sisi harga jualnya.Kita akan dibuatnya cukup terperangah.

*Minus biaya iklan

Terinspirasi oleh sebuah film besutan sutradara asal Taiwan, para pendiri Xiaomi kemudian berfoto bareng, lalu membubuhi tulisan promosi produk Xiaomi di bagian atasnya. Foto tersebut lantas disebarluaskan lewat layanan micro blogging Weibo (semacam twitter) yang populer di Tiongkok.

Penggunaan media sosial ini ternyata sangat efektif dalam mendongkrak popularitas dan penjualan Xiaomi. Lin Bin mencatat, dalam waktu kurang dari 24 jam, posting tersebut di-share lebih dari 2 juta kali, dikomentari lebih dari 900 ribu kali, dan diklaim membuat 150 ribu ponsel Xiomi terjual dalam 10 menit.

“Bagusnya lagi, kami tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk membiayai itu,” ujar Lin Bin senang.

Xiaomi disebutnya tidak mengandalkan medium iklan konvensional, atau budget Marketing besar demi menjual produk. “Kami adalah perusahaan internet. Kami menjual produk melalui media sosial,” tambahnya.Dengan demikian, biaya marketing pun bisa ditekan.

Lin Bin mengatakan pihaknya bakal menerapkan strategi yang sama di Indonesia, hanya saja dengan menggunakan media sosial berbeda seperti Facebook atau Twitter.

*Pemasaran online

Mengenai harga yang kompetitif dari Xiaomi itu, Vice President Xiaomi Global Hugo Barra menambahkan bahwa kuncinya adalah penjualan yang dilakukan murni secara online.
Pemasaran lewat jalur online inilah, lanjut Barra, yang menjadi salah satu penyebab utama mengapa Xiaomi bisa menawarkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan tawaran yang sekelas dari kompetitor.

Dia mencontohkan Xiaomi Redmi 1S, ponsel dengan prosesor quad-core Snapdragon 400 1,6 GHz yang dipasarkan dengan harga Rp 1,5 juta di Indonesia.

Redmi 1S menduduki posisi paling rendah dalam hal harga jual alias paling murah “Padahal, kinerjanya hampir menyamai Nexus 5 yang dijual jauh lebih mahal dan duduk di posisi teratas soal performa,” ujar Barra, mengacu pada skor benchmark AnTuTu Redmi 1S yang mencapai kisaran 21.000, mendekati Nexus 5 yang mengasilkan 23.000 poin.

Di Indonesia, produk Xiaomi dijual melalui media flash sale di salah satu toko online ternama.Terbukti penjualan online model flash sale ini banyak menyedot perhatian pencinta gadget di tanah air. (mk)

Be the first to comment on "Rahasia Sukses Xiaomi, Merek Ponsel Dari Negri Tirai Bambu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*